Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Jateng Targetkan Tiga Besar di Kejuaraan Nasional Institut Karate-Do

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

JAKARTA, suaramerdeka.com – Sebanyak 1.200 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia ambil bagian pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) 2017 di GOR Ciracas, Jakarta, 7-9 Maret.

Para juara dari ajang ini akan mewakili perguruan Inkai pada Piala Mendagri di Lampung, 24-26 Maret mendatang. Tim Inkai Jateng mengirim 78 karateka terbaik pada Kejurnas tersebut. Hampir semua kelas yang diperlombakan diikuti.

Menurut pelatih Inkai Jateng Juni Listiyanto, pihaknya berharap bisa tembus tiga besar. Target ini sekaligus untuk memperbaiki peringkat Kejurnas edisi sebelumnya yang hanya berada di posisi kelima di bawah DKI Jakarta, Jatim, Jabar dan Bali.

“Untuk mencapai tiga besar, kami harus meraih minimal sepuluh medali emas. Itu titik aman yang harus kami dapatkan,” kata Juni saat mendampingi karateka asuhannya di GOR Ciracas, Jakarta, Selasa (7/3).

Pihaknya optimistis target itu bisa diperoleh lantaran sudah mempersiapkan diri sejak beberapa bulan lalu. Bahkan dua bulan sebelum mengikuti kejurnas, para atlet dikumpulkan di Semarang guna menjalani training center (TC).

“Para atlet ini sebelumnya menjalani latihan di beberapa kota, seperti wilayah Solo Raya, Banyumas dan lain-lain. Mereka kami kumpulkan stay di Semarang untuk latihan bareng. Andalan kami untuk meraih emas ada di pra-pemula, pemula. Persaingan akan ketat, utamanya dari DKI, Jatim, Jabar dan Bali,” jelasnya.

Wakil Sekjen Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) M Elrick SH menyatakan, pihaknya menyambut baik Kejurnas Inkai tersebut karena bisa menambah pengalaman dan jam terbang para atlet. Apalagi, pihaknya sedang mencari karateka berkualitas untuk mewakili Indonesia tampil pada Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) 2017 di Semarang, Mei mendatang.

“Forki telah keliling ke seluruh Indonesia melihat pembinaan di masing-masing perguruan. Artinya, pembinaan saat ini terus berjalan. Nanti di Semarang ada SEAKF dan PB Forki harus punya atlet terbaik. Dengan adanya Kejurnas tentu akan memberi kontribusi nyata dalam suplai atlet,” ujar Elrick.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments