Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Jadwal Sirkuit Balap Motor Manahan Bakal Ditata

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Jadwal latihan balap motor di sirkuit Manahan Solo bakal ditata kembali. Penggunaan arena adu kebut yang memanfaatkan lahan parkir utama Stadion Manahan tersebut akan dikurangi, karena keluhan warga sekitar yang merasa terganggu atas bisingnya suara motor.

“Saya akan turut memfasilitasi pengaturan kembali jadwal latihan. Jadi, mungkin tidak setiap hari seperti sekarang ini,” kata ketua umum terpilih KONI Surakarta Gatot Sugihartono, Selasa (24/1).

Dia memahami, suara bising motor yang digunakan untuk berlatih memang sangat keras. Di sisi lain, kompleks Stadion Manahan juga dimanfaatkan berbagai aktivitas olahraga masyarakat Kota Bengawan. Karena itu perlu mengaturan lebih lanjut agar seluruh pihak bisa memanfaatkannya secara baik.

“Mungkin, nanti latihan balap motor tidak dilakukan setiap sore hari, tapi cukup tiga kali sepekan. Terpenting bisa mengakomadasi kebutuhan berbagai kalangan, terutama para pembalap Solo yang bersiap menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018,” ujar Gatot.

Ketua Pengkot Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Lilik Kusnandar mengakui, selama ini sirkuit tersebut rutin digunakan berlatih para pembalap dan bibit-bibit pemula Kota Bengawan. Sirkuit itu pula yang melahirkan sejumlah pembalap motor andal, antara lain Agus ‘’Iwan’’ Setiawan.

“Jadwal latihan FOBM pada Selasa dan Kamis sore. Tapi di luar itu kan banyak juga pembalap pemula yang ingin meningkatkan performanya. Kalau kegiatan mereka tidak diberi wadah atau arena, justru kami khawatir jika akhirnya berkelompok jadi gank motor,” tuturnya.

Dia menyatakan setuju kalau jadwal ditata, tetapi juga berhadap semua kalangan memahani bahwa sirkuit itu tidak bisa lepas dari aktivitas latihan balap motor. Apalagi, hingga saat ini belum ada lokasi lain untuk arena balap motor di Solo.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments