Foto: suaramerdeka.com /dok

Jabar Siapkan 15 Arena AG 2018 Plus Tempat Latihan

Foto: suaramerdeka.com /dok

Foto: suaramerdeka.com /dok

BANDUNG, suaramerdeka.com – Pemprov Jabar menegaskan kesiapannya pada saat mengelar  pelaksanaan Asian Games 2018 terutama berkaitan dengan venue yang akan  digunakan. Untuk keperluan tersebut, mereka menyiapkan 15 venue berikut 11  tempat latihan.

Menurut Sekda Jabar, Iwa Karniwa, sejumlah lokasi sudah disiapkan. Untuk  mengejar standar pelaksanaan, sebagian venue yang disiapkan akan direnovasi  guna ditingkatkan kapasitasnya. “Untuk itu, venue-venue tersebut akan diassesment, di antaranya terkait  dengan kebutuhan anggaran di samping melakukan percepatan,” tandasnya, Kamis (20/4).

Venue-venue yang disiapkan di antaranya Stadion GBLA, Si Jalak Harupat,  Patriot, Wibawa Mukti, dan Pakansari Bogor untuk sepakbola. Kemudian Subang  untuk sepeda, bola tangan di UPI Bandung, hingga surfing di Cimaja, Sukabumi. Dijelaskan Iwa, penambahan venue tak terlepas dari pelaksanaan Asian Games  2018 yang kemungkinan dipusatkan di tiga provinsi Jakarta, Palembang, dan  Jabar.

Khusus Cimaja, pihaknya sudah menganggarkan dana sebesar Rp 180 miliar guna memperbaiki akses ke lokasi tersebut. Dana tersebut terkait dengan pengembangan kawasan Geopark Ciletuh. Tak hanya jalan darat, pengembangan akses tersebut juga mencakup jalur udara. Pemprov berencana mempercepat pembangunan Bandara Citarate sehingga diharapkan mempermudah pergerakan atlet dan ofisial.

Berapa anggaran yang dibutuhkan, Iwa Karniwa belum memastikannya. Untuk itu, pihaknya akan menggelar rapat termasuk melakukan kunjungan lapangan. Dengan demikian, renovasi venue bisa secepatnya dilakukan karena angka pasti kebutuhan sudah dipetakan.

(Setiady Dwi / CN26)

Comments

comments