Foto: suaramerdeka.com /dok

Jabar Siap Gelar Cabor Bergengsi Asian Games 2018

Foto: suaramerdeka.com /dok

Foto: suaramerdeka.com /dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Jabar kebagian jatah untuk menggelar pelaksanaan pertandingan tiga cabang olahraga pada Asian Games 2018. Ketiga cabang tersebut adalah sepeda BMX, paralayang, dan sepak bola.

Menurut Sekda Jabar, Iwa Karniwa, kepastian tersebut diperoleh dalam rapat 5th Olympic Council of Asia (OCA) Coordination Meeting di Jakarta pada pekan ini. Dia menegaskan, Jabar siap menjawab kepercayaan tersebut. “Berdasarkan hasil evaluasi OCA, venue di Jabar tidak mengalami kendala,” tuturnya kepada wartawan di Bandung, Kamis (15/12).

Sejumlah venue yang disiapkan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Gunung Mas, Kabupaten Bogor, dan lima stadion di sejumlah kabupaten dan kota. Pasalnya, Jabar dipercaya menggelar babak penyisihan hingga final.

Kelima stadion tersebut adalah Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Patriot, Kota Bekasi, Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage Kota Bandung. “Pelaksanaan finalnya di mana, belum ditentukan, tapi informasi sementara keputusannya seperti itu. Kami tegaskan siap menggelar Asian Games,” katanya.

Dijelaskan, venue-venue yang tersebar di Jabar tidak terlalu mendapat banyak catatan. Fasilitas-fasilitas itu dinilai sudah sangat siap di samping karena lebih menyoroti kesiapan venue di dua kota utama pelaksanaan pesta multievent tingkat Asia itu yakni Jakarta dan Palembang.

Disinggung anggaran, Sekda Iwa menyatakan pihaknya masih terus melakukan pembahasan dengan pemerintah pusat. Meski demikian, mengingat kesiapan venue di Jabar yang bisa diandalkan, dana yang diperlukan diperkirakan tak signifikan.

(Setiady Dwi / CN26)

Comments

comments