Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

Jabar Bidik 151 Emas PON XIX

Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kontingen Jabar menargetkan sedikitnya 151 medali emas guna mengamankan gelar juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang berlangsung mulai tanggal 17-29 September 2016.

Tuan rumah menyebut label pemuncak itu sebagai harga mati guna memutus masa penantian selama 55 tahun saat kali terakhir menjadi juara umum pada PON V dengan posisi menjadi tuan rumah pula. Atmosfer tersebut menyeruak dalam Apel Besar Kebulatan Tekad sekaligus Pelepasan Kontingen PON Jabar di GOR Pajajaran Bandung, Rabu (7/9).

“Target Jabar adalah juara umum, syaratnya meraih 20 persen dari total 756 medali emas yang diperebutkan, dan kita sudah siap bertanding (mewujudkannya), ini adalah harga mati menuju Jabar kahiji (pertama),” kata Komandan Kontingen Jabar, Mayjen TNI Hadi Prasodjo.

Dalam pesta olahraga nasional itu, imbuh Pangdam III Siliwangi itu, Jabar menurunkan kekuatan penuh dengan dukungan 1.945 atlet, pelatih, dan ofisial. Mereka turun di sejumlah cabor andalan di antaranya seperti renang, karate, pencak silat, angkat besi, taewkondo hingga panahan.

Optimisme Jabar membuncah karena atlet-atlet tersebut dipersiapkan sejak tiga tahun lalu dengan tempaan di pelatda hingga melakukan try out hingga luar negeri. Hasilnya diklaim terus menunjukan tren menggembirakan. Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan yang turut hadir dalam proses tersebut menyatakan bahwa atlet tuan rumah pasti bakal jadi sorotan.

Dia berharap pasukannya tidak keder dan sebaliknya tampil penuh percaya diri dan mental yang kokoh.Nilai bonus yang diperkirakan muncul dalam acara tersebut tak terjadi. Meski demikian, Heryawan secara implisit siap memberikannya kepada atlet yang berjuang keras terutama yang mempersembahkan medali.

“Extra power akan keluar, penghargaanya bisa lebih baik dibanding provinsi lain tapi saya harap extra power ini menjadikan target kita meleset menjadi 30 persen medali emas sehingga saat penutupan kita merayakannya sebagai juara umum,” jelasnya.

(Setiady Dwi / CN26)

Comments

comments