Foto: http://www.ringtv.com

Iwan Zoda Ditantang Petinju Thailand

Foto: http://www.ringtv.com

Foto: http://www.ringtv.com

JAKARTA, suaramerdeka.com- Juara dunia tinju IBF Youth dan juara WBO Asia Pasifik asal Indonesia, Iwan “Sniper” Zoda bakal naik ring. Dia akan ditantang petinju Thailand Solieng Souvnna Phakdy pada perebutan sabuk emas Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) kelas bantam yunior 52,2 kg di Gedung Puri Ardhiya Garini Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (23/11) malam.

Solieng merupakan petinju peringkat dua nasional Thailand. Selain Iwan Zoda, ada lima partai tambahan yang melibatkan petinju nasional yang berafiliasi ke Asosiasi Tinju Indonesia (ATI). Mereka diberi kesempatan naik ring untuk mengasah kemampuan, sekaligus menambah peringkat.

“Kami sedang mencari juara nasional. Target kami berikutnya mengirim para juara ini ke level internasional, entah WBA, WBO atau IBF. Mereka akan kami orbitkan ke internasional,” kata Project Officer Sabuk Emas KASAU Kolonel TNI AU M. Daryl Kaesory di Jakarta, Selasa (22/11).

Ajang ini merupakan agenda kelima pada tahun ini. Sebelumnya, mereka menggelar Sabuk Emas di Pontianak, lalu Jakarta seperti Senayan dan Mabes TNI Cilangkap. “Melalui pertandingan seperti ini, kami ingin membantu memajukan dunia tinju Indonesia supaya petinju kita memiliki banyak jam terbang,” terangnya.

Promotor pertandingan Sabuk Emas KASAU Dewi Sari dari Daicima Promotion menjelaskan, dipilihnya petinju Thailand sebagai lawan Zoda karena pertimbangan kualitas. Menurut dia, Thailand dikenal memiliki banyak petinju andal untuk kawasan Asia Tenggara.

Selain Negeri Gajah Putih, ke depan tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan petinju dari negara lain. “Kami carikan Iwan Zoda lawan yang sepadan. Kami juga berharap pertarungan ini juga bisa menjadi jalan ke level internasional,” kata Dewi.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments