Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Iwan Bertekad Ulang Sukses Filipina

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

BOGOR, suaramerdeka.com – Tekad bulat diusung pembalap Jateng, Agus ”Iwan” Setiawan yang akan menghadapi kejuaraan balap motor Yamaha ASEAN Cup Race 2015 di Sirkuit Sentul Bogor, Minggu (7/12). Atlet muda asal Solo tersebut berambisi mengulang sukses saat menjuarai kelas manual 135 cc (MT135-Jupiter MX) di sirkuit SM City Santa Rosa Laguna, Filipina, tahun 2012.

”Saya akan berusaha memacu motor sebaik mungkin agar bisa kembali meraih gelar juara seperti di Filipina. Saya telah mengubur hasil buruk musim 2013,” tandas Iwan di sela-sela latihan bebas di Sentul, Jumat (5/12).

Pada ajang serupa musim lalu, pembalap yang masih duduk di salah satu SMA di Solo itu gagal mempertahankan gelar. Dia terjatuh pada lap terakhir race pertama kelas sport 150 cc (Yamaha R15), sedangkan pada race kedua, ia finish di urutan 14.

Pemegang gelar juara MP1 (125 cc tune up seeded) Region II dalam Kejurnas Motoprix 2014 tersebut akan turun lagi di kelas R15. ”Sekarang persiapan saya lebih baik. Kini telah cukup padu dengan setelah motor yang bakal saya kendarai. Tinggal mematangkan feeling di lintasan,” tutur Iwan yang tahun ini bernauh di bawah bendera Yamaha Yamalube RPM NHK FDR AHRS SSS Creampie MRT.

Dia menggenggam tiket untuk bertarung di tingkat Asia Tenggara setelah merebut gelar juara umum ajang nasional Yamaha Cup Race 1 (YCR 1) atau bebek 125 cc tune up seeded tahun ini. Sejumlah pembalap lain juga akan bersaing di tingkat Asia Tenggara, di antaranya Rheza Danica (juara bebek 110 cc tune up seeded). ”Sejak Rabu (3/12), pembalap tim Yamaha Indonesia telah dikumpulkan untuk latihan terpusat di Sentul,” tutur Iwan.

Kabid Olahraga Motor Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jateng, Lilik Kusnandar menyebut peluang Iwan cukup besar untuk kembali menjadi jawara di kelasnya. Menurut dia, jam terbang anak asuhnya itu cukup tinggi.

”Sekarang tinggal penyesuaian akhir dia dengan motor yang akan digunakannya balapan di Sentul . Selama dia berkonsentrasi penuh dan tak ada kendala mesin, saya kira dia bisa kembali meraih gelar juara,” kata Lilik yang juga Ketua Pengkot Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Solo tersebut.

(Setyo Wiyono/ CN26)

Comments

comments