Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

ISSI Solo Tempa Performa Pembalap Muda

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Para pembalap muda Kota Solo terus ditempa. Mereka dipacu untuk meningkatkan ketangguhan dan kecepatan dalam latihan-latihan rutin yang diselenggarakan Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo.

“Kami gelar latihan di velodrome Manahan untuk mengasah kecepatan tanpa hambatan bagi anak-anak. Kalau tidak, kami manfaatkan ruas jalan tol Soker di wilayah Sawahan guna menempa mereka,” kata pelatih Pengkot ISSI Agus Sadiyanto, Jumat (21/4).

Pembalap-pembalap muda Kota Bengawan yang saat ini sering digembleng dalam latihan antara lain Andriyan Hidayat, Saputro Reno Wijayanto dan Shindu Ardiyanto. Mereka biasa berlatih bersama para pembalap Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Balap Sepeda Jateng yang bermarkas di kawasan Punggawan Solo, seperti Slamet Widodo, Moh Abdul Azis, Irfan Lutfi, Harun dan Nurul Fauzan.

“Intinya, kami menyiapkan anak-anak untuk meningkatkan kecepatan dan ketangguhan di jalur datar dan tanjakan. Sering pula mereka digenjot lewat jalur (semi menanjak) Solo-Boyolali dengan kecepatan konstan,” jelas Agus.

Di sisi lain, program latihan para atlet yang sebagian besar masih berstatus pelajar tersebut juga diselingi materi rute panjang dan medan tanjakan. Jalur Solo-Karanganyar-Cemara Kandang (lereng Gunung Lawu), sering menjadi arena berlatih tanjakan.

Sementara rute rolling panjang sering melewati Sukoharjo-Gunungkidul-Wonogiri-Sukoharjo, sebelum kembali lagi ke Solo. “Kami mulai memperhitungkan program jangka panjang untuk menghadapi Porprov,” ungkap dia.

Belum ada event khusus yang dibidik. Namun di antara mereka, seperti Andriyan Hidayat dan Reno, diproyeksikan membela tim Kota Bengawan di arena Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018. Pembalap senior yang disiapkan guna memperkuat tim Solo antara lain Endra Wijaya. Bersama sejumlah pembalap lain, Endra turun memperkuat tim Customs Cycling Club (CCC) Jakarta dalam Tour de Lombok Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), pekan lalu.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments