Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Ingin Main di Pro Liga

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

IMPIAN setiap pevoli profesional di daerah adalah bisa bergabung ke dalam salah satu klub bola voli yang berlaga di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia Pro Liga. Impian itu benar-benar ingin diwujudkan Galih Pratama.

Tosser andalan tim seleksi Pra Porprov Kota Semarang itu, tengah berjuang meraih impiannya itu dengan menampilkan permainan terbaiknya di setiap bertanding membela Kota Semarang.

Sebagai pengatur serangan di tim bola voli, putra bungsu pasangan Saniman dan Suwanti ini selalu berusaha membaca permainan lawan, serta mencari celah bloker terpendek lawan yang bisa ia serang.

Kemampuan itu tidak seketika didapatkan Galih, mahasiswa semester empat Pendidikan Jasmani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Keolahragaan (PJ PGSD FIK) Unnes itu, awalnya sangat mendambakan posisi spiker atau quiker. “Tubuh saya tinggi dan secara teknik passing baik, jadi kalau hanya jadi pengumpan bola saja kok rasanya kurang berpengaruh bagi tim,” kenangnya.

Namun pilihan Sang pelatih Margono di klub lamanya Mutiara Serasi Ungaran untuk menempatkannya di posisi tosser tidak salah. Pemilik tinggi 185 sentimeter dan berat 72 kilogram itu benar-benar mampu diarahkan pelatih, dan berhasil menjalankan tugasnya untuk memberi umpan-umpan matang.

Selain itu tinggi tubuh Galih juga membantu rekan-rekan setimnya menjadi bloker yang efektif di depan net. “Pelatih meyakinkan saya kalau tosser berbadan tinggi sangat jarang dan peran ganda yang saya mainkan ini sangat dibutuhkan tim,” ujar alumnus SMP Al Asror Gunungpati dan SMA di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jawa Tengah ini.

Bersama pelatih klub Tunas Sarnam dan Soeparno yang ia bela saat ini, Galih terus diasah kemampuannya termasuk untuk menghapal umpan-umpan yang pas bagi para spiker dan quiker timnya, ketika menyerang.

Beberapa prestasi di tingkat nasional yang telah diraih mahasiswa yang juga hobi bersepeda ini, antara lain peringkat kedua Kejurnas Yunior di Gresik pada 2016, seleksi Pelatnas Bola Voli di Jakarta pada 2016, dan mengikuti Training Center Tim Bola Voli Pro Liga Pertamina Energy Jakarta di GOR Pertamina Simprug, Jakarta selama tiga bulan sejak Oktober hingga Desember 2016.

(Joseph Army Sandhoko / CN26)

Comments

comments