Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Indonesia Tuan Rumah Seri Kedua MXGP 2017

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com – Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah seri kedua Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) 2017. Pada musim ini, ajang tersebut digelar selama 20 seri mulai seri pertama di Qatar pada 25 Februari dan berakhir di Inggris, 1 Oktober.

Adapun seri kedua akan diselenggarakan di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, 4-5 Maret mendatang.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Sadikin Aksa mengatakan, peserta yang sudah mendaftar pada kejuaraan itu baru 140 crosser. Menurutnya, jumlah tersebut masih bisa bertambah mengingat pendaftaran baru akan ditutup pada pertengahan Februari.

“Kami belum bisa memastikan jumlah peserta secara fixed karena pendaftaran ini belum di-closed. Untuk saat ini ada 27 negara peserta yang sudah mendaftar, jumlahnya 140 crosser. Kami yakin peserta bakal terus bertambah,” ujar Sadikin pada acara Hitung Mundur Indonesia Tuan Rumah MXGP 2017 di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (18/1).

Hadir dalam kesempatan itu, yakni Menpora Imam Nahrawi, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot Dewa Broto, Dirut Sriwijaya Air Chandra Lie, Walikota Pangkal Pinang nonaktif M Irwansyah dan Sekda Provinsi Bangka Belitung Yan Megawandi.

Menariknya, kejuaraan MXGP ini tak hanya mempertandingan kelas pria saja. Namun MXGP juga memberi kesempatan pada crosser wanita yang ingin ambil bagian dengan dibukanya kelas khusus wanita, yaitu WMX (Women’s Motocross Championship). “Untuk wanita, itu nanti masuk seri pertama dari tujuh seri. Semua pertandingan mengacu pada regulasi FIM,” terangnya.

Sebagai tuan rumah, tentu Indonesia tak akan menjadi penonton saja. Kemenpora bersama IMI telah menyiapkan sepuluh crosser terbaik untuk tampil di hadapan pendukung sendiri. Kesepuluh pembalap itu, delapan di antaranya pria seperti M Arjun Wicaksono (Jateng), Ivan Harry Nugroho (Jateng), Asep Lukman (Jateng), Rizky Haka (Jateng), Aldi Lazaroni (DIY), Andre Sondakh (Sulut), Mario Salontahe (Sulut) dan Yosua Pattipi (Papua). Sedangkan dua crosser wanita adalah Sheva Anella Ardiansyah (DIY) dan Suci Mulyani (Jatim).

Menurut Menpora Imam Nahrawi, kesepuluh crosser tersebut akan tampil melalui jalur wild card. “Mereka akan menjadi local hero, apalagi selain Kejuaraan Dunia Motocross MXGP juga berlangsung MXGP Women seri pertama. Maka kami akan mensupport para crosser ini dari segi pendanaan agar bisa tampil maksimal,” ungkap Menpora.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments