Foto: suaramerdeka.com / dok

Indonesia Sukses Penuhi Target di ABG

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Kontingen Indonesia berhasil memenuhi target tiga medali emas pada ajang Asian Beach Games (ABG) 2016 di Da Nang, Vietnam. Tiga medali emas tersebut dihasilkan dari cabang olahraga berbeda. Emas pertama dipersembahkan Chelsea Carputy di nomor CW1X cabang rowing, lalu I Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan di nomor women’s dragon tiger form cabang vovinam.

Adapun emas ketiga diraih Ahris Sumariyanto di nomor stroke single putra cabang olahraga woodball. Ahris menyumbangkan medali itu setelah meraih angka 138 pada pertandingan yang berlangsung di Kawasan Son Thuy Beach, Da Nang, Minggu (1/10).

Adapun medali perak diperoleh Jetsada Chenkurd asal Thailand dengan nilai 139 dan medali perunggu direbut Kim Pyo Hwan dari Korea Selatan dengan nilai 150. Selain emas emas dari woodball pada pertandingan terakhir atau hari Minggu, Indonesia juga menyumbangkan satu perunggu melalui Ika Yulianingsih yang turun di nomor stroke single putri woodball.

Untuk klasemen akhir, Indonesia menempati urutan ke-10 dengan torehan tiga emas, lima perak dan sembilan perunggu. Tuan rumah Vietnam menjadi juara umum dengan setelah mengoleksi 44 emas, 38 perak dan 42 perunggu, disusul Thailand yang berada di urutan kedua (35 emas, 24 perak dan 29 perunggu) dan Tiongkok di posisi ketiga (12 emas, 16 perak dan 19 perunggu).

Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Muddai Madang menyatakan bangga dengan perjuangan para atlet yang sukses mencapai target tiga emas. Karena itu, pihaknya akan menjemput Kontingen Indonesia yang berjumlah 79 orang (atlet dan ofisial). ”Kami dari KOI akan menyambut langsung kedatangan kontingen ABG ini pada Senin Malam nanti,” ujar Muddai Madang.

Komandan Kontingen Indonesia untuk ABG 2016, Hellen Sarita de Lima juga mengapresiasi pencapaian tiga emas tersebut. ”Saya sangat salut dan bangga dengan segala keterbatasan, seluruh atlet mampu mempersembahkan yang terbaik,” jelasnya.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments