Foto: Crash.net

Indonesia Serius Jadi Tuan Rumah MotoGP

Foto: Crash.net

Foto: Crash.net

JAKARTA, suaramerdeka.com – Setelah diberi tenggat waktu hingga Juni oleh Dorna Sport selaku penyelenggara MotoGP, pemerintah akhirnya memberikan kepastian terkait keseriusan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2017. Pada Jumat (17/6) kemarin, pemerintah  melalui Kemenpora mengirim surat pemberitahuan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah MotoGP 2017-2019.

“Awalnya pihak Dorna meminta kepada pemerintah Indonesia terkait kepastian rencana perhelatan sirkuit. Hari ini surat sudah siap dan akan segera kami kirimkan. Tapi ini sifatnya hanya surat, bukan keputusan,” ujar Juru Bicara Kemenpora Gatot Dewa Broto di Jakarta, Jumat (17/6).

Dalam surat tersebut, kata Gatot, Kemenpora menyampaikan bahwa sirkuit yang siap dipakai untuk balapan mulai 2017 hingga 2019 adalah Sirkuit Sentul. “Ada beberapa alasan penting terkait penjelasan Sirkuit Sentul, yaitu berpengalaman dalam menyelenggarakan MotoGP dan menyanggupi pembiayaan renovasi sirkuit dengan anggaran pribadi,” katanya.

Dalam surat tersebut, pihaknya juga menyampaikan agar Dorna bisa mempertimbangkan sirkuit di Palembang untuk MotoGP 2018, 2019, 2020. “Jika hal ini disetujui, maka Indonesia bisa bersamaan menyelenggarakan MotoGP dua kali, di Sentul dan Palembang dalam tahun yang sama dengan bulan yang berbeda,” ujarnya.

Terkait kesepakatan penentuan sirkuit akan dilakukan pada bulan ini sebagai keputusan akhir masa depan perhelatan MotoGP di Indonesia. “Jadi kita tunggu saja respon Dorna dari surat yang kami kirim. Mengingat batas kesepakatan Dorna dengan Indonesia serta Sentul dilakukan pada Juni ini,” kata dia.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments