Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Indonesia Hanya Targetkan Tiga Emas ABG 2016

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com – Sebanyak 79 atlet Indonesia bakal berjuang memperebutkan medali pada ajang Asian Beach Games (ABG) V di Da Nang, Vietnam, 24 September – 3 Oktober 2016. Mereka akan berlaga di delapan dari 22 cabang yang dipertandingkan, yaitu polo air, voli pantai, basket 3×3, pencak silat, woodball, sepak takraw, vovinam dan dayung.

Kamis (22/9), Kontingen Indonesia yang dipimpin CdM Helena Sarita Delima dilepas Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot Dewa Broto didampingi Wakil Ketua KOI, Muddai Madang di Jakarta.

Pada ajang kali ini, target Indonesia hanya meraih tiga medali emas dari cabang woodball, voli pantai dan dayung. Target ini lebih rendah bila dibandingkan hasil ABG IV di Phuket Thailand 2014. Kala itu, Indonesia berhasil membawa pulang tujuh emas, tujuh perak dan 14 perunggu.

“Ada beberapa cabang unggulan kita tak dipertandingkan di ABG Vietnam, seperti jet ski. Padahal itu bisa berpeluang emas. Karena itu kami harus realistis dengan target tiga emas ini,” ujar Muddai Madang.

Mantan ketua KONI Sumsel tersebut menjelaskan, banyak faktor kenapa olahraga Indonesia kurang gereget mengikuti ajang internasional. Menurutnya, bantuan dana dari pemerintah dikurangi seiring ada pemangkasan APBN di semua kementerian. “Kondisi sekarang tidak sebaik dua tahun lalu, sekarang latih tanding agak kurang. Tapi kurangnya bukan karena kurang perhatian, tapi ada penghematan,” jelas Muddai.

Helena Sarita Delima, selaku Komandan Kontingen Indonesia (CdM) menambahkan, meski mengandalkan tiga cabang tersebut, bukan berarti cabang lain tak memiliki peluang. Menurut dia, cabang lain juga tak boleh diremehkan karena juga siap memberikan hasil terbaik. ”Ya mudah-mudahan cabang lain juga bisa memberikan konstribusi medali,” tuturnya.

Sesuai rencana, rombongan besar Kontingen Indonesia akan bertolak ke Vietnam pada Jumat (23/9). Adapun kontingen yang berpartisipasi di ABG 2016 sebanyak 45 negara.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments