Foto: MXGP

Indonesia Gelar Kejuaran Dunia Motocross MXGP

Foto: MXGP

Foto: MXGP

SEMARANG, suaramerdeka.com – Akhir pekan ini Indonesia di daulat untuk menggelar seri ke dua ajang Kejuaraan Dunia Motocross atau lazim di sebut dengan MXGP. Indonesia menjadi salah satu pilihan untuk menggelar ajang MXGP karena dinilai mempunyai banyak pembalap bertalenta dan event kejuaraan nasional yang cukup bergairah.

Seri ke dua Motocross Grand Prix (MXGP) ini akan di gelar pada Sabtu-Minggu (4-5 Maret) besok di Pangkalpinang, Provinsi Bangka-Belitung. Seri pertama sendiri telah sukses di gelar di Qatar minggu lalu (25/2) dan di laksanakan pada malam hari. Indonesia di pandang istimewa sehingga di beri jatah kontrak 3 tahun untuk menggelar Indo MXGP hingga 2019 nanti.

Kota Pangkalpinang adalah yang pertama di MXGP of Indonesia dan yang membanggakan lagi adalah tahun ini Indonesia merupakan satu-satunya seri di Asia Tenggara. MXGP di Asia hanya dua yakni Qatar dan Indonesia dari total 20 seri yang di gelar tahun ini di semua belahan dunia.

Sebenarnya kejuaraan dunia Motocross (MXGP) sudah pernah tayang di Indonesia pada tahun 1997 di kota Jawa Barat. Namun setelah itu vakum dan sering mampir ke negara lain ataupun negara tetangga.

Sejak tahun lalu, A. Judiarto sebagai promotor dari Lightning Production yang merupakan promotor balap motocross di Indonesia, menjajaki untuk meminang MXGP agar di gelar di Indonesia. Gayung pun tersambut dan bersama Walikota Pangkal Pinang, Muhammad Irwansyah, berkolaborasi untuk mensukseskan gelaran MXGP of Indonesia (Indo MXGP).

“Kota Pangkalpinang dan warganya telah siap menerima tamu-tamu kehormatan para atlit Motocross dari seluruh penjuru dunia. Ini adalah salah satu kebanggaan kami untuk mengenalkan Pangkalpinang dan Indonesia di dunia luar khususnya di olahraga balap. Dan semoga kami bisa sukses seperti Qatar dan Pangkalpinang bisa semakin terkenal di dunia luar,” ujar M. Irwansyah.

Sebagai tuan rumah tentu Indonesia sangat ingin gelaran ini menuai sukses besar. Apalagi Indonesia mendapatkan 3 tahun hak penyelenggaraan. Semua persiapan harus di maksimalkan untuk mensukseskan MXGP of Indonesia. Promotor lokal yang ditunjuk MXGP yakni Lightning Production terus mengebut sirkuit untuk memastikan semuanya bisa berjalan dengan baik.

“Khusus untuk sirkuit persiapan sudah hampir selesai hanya tinggal penyempurnaan saja. Kendala tentu ada salah satunya dari cuaca karena itu tidak bisa di hindari. Lay out sirkuit kami rancang mirip dengan sirkuit Motocross di Swiss. Kami harap masyarakat Indonesia mau berbondong-bondong datang ke Pangkalpinang untuk menonton gelaran dunia ini. Tiket masuk paling murah 100 ribu rupiah dan termahal 3,5 juta Rupiah (VIP),” kata A. Judiarto selaku pemilik Lightning Production yang juga Ketua IMI DKI.

Di ajang Indo MXGP besok para penonton akan di manjakan dengan penampilan dari 140 pembalap dari 27 negara, antara lain Tim Gajser (Slovenia), Antonio Cairoli (Italia), Maximilian Nagi (Jerman) serta crosser wanita, Livia Lancelo (Prancis), Nancy Van de Ven (Belanda). Menariknya Indonesia juga sekaligus menjadi seri pertama dari tujuh seri kejuaraan khusus untuk wanita (Women’s Motocross Championship/WMX) tahun ini.

Indonesia sendiri akan mengirim 10 pembalap yang tergabung di tim Merah Putih. Sepuluh crosser tersebut berlomba dengan fasilitas wildcard. Ada dua kelas yakni kelas putra dan wanita, di barisan putra ada Andre Sondakh (Sulawesi Utara), Edi Aryanto, Yosua Pattipi (Papua), M Arjun Wicaksono (Jawa Tengah), Ivan Harry Nugroho (Jawa Tengah), Asep Lukman (Jawa Tengah), Rizky Haka (Jawa Tengah), dan Aldi Lazaroni (DIY).

Sedangkan dua crosser wanita yang akan menjadi Duta Women MXGP of Indonesia adalah Sheva Anella Ardiansyah (DIY) dan Suci Mulyani (Jawa Timur). Sheva sendiri merupakan anak kandung dari mantan pembalap Motocross Indonesia Irwan Ardiansyah. Selain itu ada juga 5 pembalap Indonesia yang mendapatkan wildcard dan ikut dengan biaya sendiri. Jadi total ada 15 pembalap dari Indonesia. Selamat berjuang Merah Putih.

(Heru Fajar/CN39/SM Network)

Comments

comments