TERCEPAT: Pebalap Sukoharjo yang memperkuat KFC Bike Team Jakarta, Muh Imam Arifin bergembira usai menembus finis tercepat pada ajang balap sepeda tanjakan Palur-Candi Sukuh, Karanganyar, Minggu (31/1). (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

Imam Juarai Tanjakan Candi Sukuh

TERCEPAT: Pebalap Sukoharjo yang memperkuat KFC Bike Team Jakarta, Muh Imam Arifin bergembira usai menembus finis tercepat pada ajang balap sepeda tanjakan Palur-Candi Sukuh, Karanganyar, Minggu (31/1). (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

TERCEPAT:Pebalap Sukoharjo yang memperkuat KFC Bike Team Jakarta, Muh Imam Arifin bergembira usai menembus finis tercepat pada ajang balap sepeda tanjakan Palur-Candi Sukuh, Karanganyar, Minggu (31/1). (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Pebalap asal Sukoharjo Muh Imam Arifin menjuarai ajang terbuka balap sepeda Palur-Candi Sukuh (Karanganyar) yang diprakarsai Merdeka Cycling Club (MCC) Solo, Minggu (31/1). Atlet yang kini memperkuat KFC Bike Team Jakarta tersebut mencatatkan waktu satu jam 25 menit dan 35 detik (1.25′.35”) pada adu kebut sepanjang 45 km di tanjakan Gunung Lawu itu.

Lulusan PPLP Balap Sepeda Jateng tahun 2013 tersebut disusul pebalap SCC Bekasi, Ahmad Yoga Ilham Firdaus (1.26′.56”) yang mencapai finis di urutan kedua dalam persaingan ketat di kelas terbuka.

“Rute sekitar dua kilometer menjelang finis merupakan tanjakan terberat. Saya bersyukur bisa menjadi yang paling depan,” kata Imam.

Peringkat lima besar didominasi eks penghuni dan atlet PPLP Balap Sepeda Jateng. Selain Imam, rekan seangkatannya di PPLP Jeffry Irawan (Gelora Cycling Team Solo) merebut tempat ketiga (1.27′.00”). Urutan ke empat ditempati atlet PPLP dari Solo, Andriyan ”Dayat” Hidayat (1.27′.05”), disusul pebalap KFC Jamal Hibatullah (1.27′.13”).

“Kami bangga, bisa mencetak atlet-atlet berpotensi besar. Mereka harus terus mengasah diri agar jadi pebalap papan atas,” ujar Manajer PPLP Balap Sepeda Jateng yang juga Penasihat Pengkot ISSI Solo, Paulus Kristono.

60 Pebalap

Enam puluh pebalap dari berbagai daerah atau klub seperti Jakarta, Bekasi, Pekalongan, Semarang, Tulungagung, Madiun, serta Solo dan sekitarnya bersaing di ajang yang terbagi atas kelas terbuka, veteran dan eksekutif itu. Sejak start di bawah fly over Palur, mereka telah berusaha menempati posisi terdepan. Adu kecepatan kian memanas saat memasuki kawasan Mojogedang ke arah Pendem.

Para awak tim KFC seperti Maruli Fajar Mulia, Parno, Rohman dan Imam Arifin yang berada di rombongan terdepan, berupaya melepaskan diri. Namun mereka terus ditempel Dayat dan Jeffry. Ahmad Yoga juga terus memburunya.

Mendekati gerbang Grojogan Jumog, pebalap-pebalap yang memiliki spesialis tanjakan melepaskan diri untuk memburu finish terdepan.

“Persaingan jalur tanjakan ini kami usahakan jadi kegiatan rutin tahunan. Mudah-mudahan ke depan dapat lebih baik,” kata ketua panitia sekaligus ketua MCC Solo, Joko Sriyanto.

(Setyo Wiyono, Ronald Seger/CN39/SM Network)

Comments

comments