Foto: crash.net

Honda Bantah Anggapan Marquez Sudah Buat Rossi Kesulitan

Foto: crash.net

Foto: crash.net

VALENCIA, suaramerdeka.com – Wakil Presiden Racing Honda, Shuhei Nakamoto tak sependapat dengan anggapan jika Marc Marquez telah membuat Valentino Rossi kesulitan sebelum terjadinya insiden di Sepang. Marquez sendiri tak mendapat hukuman dari Race Direction.

“Di Malaysia, kam tahu bahwa Marc kesulitan di awal balapan dengan motor yang penuh bahan bakar seperti yang sudah terjadi di beberapa seri pada musim ini,” ujar Nakamoto dalam pernyataan yang dikutip Motorsport.

Insiden dengan Marquez membuat Rossi dijatuhi tiga poin penalti tiga poin setelah kontaknya yang menyebabkan si lawan jatuh. Hukuman ini membuat Rossi harus start dari posisi paling belakang di seri pamungkas, Valencia. Setelah banding ditolak, Yamaha membawanya ke CAS dan kini tengah menunggu keputusan akhir.

“Di Sepang dia membuat sebuah kesalahan di awal balapan sehingga membuat Jorge (Lorenzo) bisa melewatinya. Lalu Valentino datang dan mereka mulai bertarung untuk posisi ketiga. Aksi saling salip kedua pebalap memang ekstrem, tapi aman.”

Marquez sendiri lolos dari sanksi setelah Race Direction menilai Marquez tidak melanggar aturan apapun, kendati Rossi mengklaim lawannya itu memperlambat dia.

“Waktu putaran yang mereka lakukan cukup cepat, jelas memperlihatkan bahwa tidak ada niat dari Marc untuk memperlambat Valentino. Sebagai tambahan, setelah Marc jatuh dan Valentino memiliki lintasan yang terbuka di depan dia, waktu putaran dia tidak lebih cepat daripada saat bertarung dengan Marc.”

“Saya mengenal Marc dengan baik. Dia adalah pria yang baik dengan nilai-nilai ketangguhan dan kejujuran. Marc hanya mencoba mempertahankan posisinya seperti yang akan dilakukan pebalap-pebalap lainnya, dan kami percaya dia 100 persen,” cetus Nakamoto.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments