Foto: crash.net

Hingga 2017, Balapan MotoGP Bakal Capai 20 Seri

Foto: crash.net

Foto: crash.net

SANTIAGO DEL ESTERO, suaramerdeka.com - Jumlah balapan di MotoGP bakal terus bertambah setidaknya dalam satu hingga dua musim ke depan. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta usai balapan di Argentina akhir pekan lalu mengungkapkan, paling banya race bakal mencapai 20 seri sepanjang tahun hingga 2017.

“Kami sepakat balapan maksimal balapan untuk 2017 adalah tidak lebih dari 20. Kami sudah memiliki banyak kesepakatan sampai 2016, lalu setelah itu kita akan tahu. Pastinya tahun depan Austria akan memasuki kejuaraan ini dan jika tidak ada perubahan itu akan membuat kami memiliki 19 balapan dan di 2017 kami punya banyak opsi untuk menambah jumlah Grand Prix,” sahut Ezpeleta.

Ezpeletta mengungkapkan, penambahan jumlah seri itu sudah disepakati juga oleh tim-tim yang berlaga di musim ini. Rencananya, beberapa negara baru bakal menghelat perlombaan rajanya kelas balapan motor itu termasuk Thailand pada 2017. Austria sudah dipastikan akan masuk kalender balap di 2016.

“Di Asia Tenggara kami sudah ke Thailand dengan WSBK dan itu sangat sukses dan ada proposal untuk menggelar balapan di sana. Saat ini kami tidak punya sirkuit lain di Amerika Selatan, deal dengan Brasil sangat sulit dijaga dan kami tidak punya proposal lagi di sana. Akan sulit untuk menggelar balapan di sana tapi kami terbuka untuk menerima proposal dari Brasil, tapi kami butuh sirkuit yang pasti,” lanjutnya di MCN.

Setelah Malaysia dan Singapura, Asia Tenggara memang punya potensi untuk menambah jumlah tuan rumah balapan MotoGP dan F1. Thailand kini memiliki Buriram United International Circui yang sudah mengantongi sertifikat tingkat tertinggi dari FIA (grade 1) dan FIM (grade A).

(Andika Primasiwi, rtr/ CN26)

Comments

comments