Foto: AP Photo

Hendra/Ahsan Beri Emas Kedua untuk Indonesia

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

INCHEON,  suaramerdeka. com - Cabang bulu tangkis kembali mengharumkan nama Indonesia di Asian Games 2014. Olahraga ini menyumbangkan medali emas untuk kali kedua, setelah pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mempermalukan pasangan tuan rumah Lee  Yong Dae/Yoo Yeong Son pada partai final di Gyeyang Gymnasium, Incheon,  Korea Selatan, Minggu (28/9).

Hendra/Ahsan berhak merebut emas usai menang rubber game dengan skor 21-16, 16-21 dan 21-17. Sehari  sebelumnya, pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari meraih emas pertama bagi Merah Putih setelah menjungkalkan pasangan  Jepang Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo.

Ahsan dan Hendra terlihat  kesulitan mengimbangi Lee/Yoo pada game pertama. Pasangan penghuni  pelatnas Cipayung tersebut harus tertinggal 7-10. Namun berkat  ketenangannya, mereka mampu mengejar ketertinggan dan berbalik unggul 17-13. Ahsan dan Hendra menyudahi game pertama dengan angka 21-16. Game kedua, pasangan Indonesia menurun.

Mereka membuat sejumlah kesalahan dan memberikan poin ke Lee/Yoo sampai 8-6. Ahsan/Hendra berusaha bangkit dan akhirnya mampu mengimbangi jadi 8-8. Namun, mereka kembali membuat kesalahan, bahkan pengembalian bola mudah dipatahkan Lee dan Yoo. Pasangan Korea Selatan ini mampu menjauhi Ahsan dan Hendra 14-10.

Lagi-lagi, ganda putra terbaik Merah Putih ini merepotkan Lee dan Yoo. Mereka menambah poin demi poin hingga perolehan ketat 15-15. Namun  mental Lee dan Yoo terangkat berkat dukungan suporter tuan rumah dan  menutup permainan dengan skor 21-16.

Saling kejar terjadi pada game ketiga. Pada babak penentuan ini, masing-masing pasangan bermain ketat.  Bahkan, skor sama kuat sempat terjadi 12-12, 15-15 dan 17-17. Ahsan dan Hendra bisa mengendalikan permainan, sekaligus mengakhiri pertandingan dengan mengumpulkan poin 21-17.

Kemenangan ini sekaligus membuat lagu “Indonesia Raya” berkumandang untuk kali kedua di ajang Asian Games 2014. Raihan Ahsan/Hendra juga memupuskan satu-satunya harapan Korea untuk meraih emas.

Bulu tangkis masih punya kesempatan menambah perolehan medali emas lewat pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang akan berlaga di final melawan pasangan Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei, Senin (29/9).

Sumbangan emas ini bisa mengatrol posisi Indonesia di daftar perolehan medali. Indonesia yang sebelumnya tercecer di posisi 17, kini merangkak naik empat tingkat ke posisi 14 dengan koleksi dua emas, tiga perak dan tujuh perunggu.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments