Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Hari Ini Menpora Buka Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi hari ini dijadwalkan akan berada di Kota Jogja untuk membuka Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur (KU) di Gelanggang Panjat Dinding, Kompleks Stadion Mandala Krida.

Digelar hampir sepekan mulai hari ini sampai 26 Agustus, ada 267 climber yang mewakili 18 provinsi se Indonesia. “Kemarin PB FPTI sudah memastikan kalau Menpora pagi ini akan membuka Kejurnas,” ungkap Sekum Pengprov FPTI DIY, Topan Faizal Rizal, Kamis (20/8).

Menurut Topan, untuk jumlah peserta dibanding tahun sebelumnya maka kali ini lebih banyak. Meski dari pengprov FPTI yang hadir lebih sedikit.

“Tahun lalu 21 provinsi kirimkan wakilnya. Meski dari jumlah provinsi yang ikut menurun, tapi dari sisi kuantitas peserta lebih banyak kali ini, karena tahun lalu tidak sampai 200 pemanjat yang ikut,” jelasnya.

Topan mengutarakan enam provinsi diprediksi masih merajai dalam Kejurnas kali ini. Hal itu didasarkan kekuatan panjat tebing pada KU ada pada Jatim, Jateng, DKI Jakarta, dan Jabar. Sementara di luar Jawa ada Kaltim dan Bali.

Apa yang diutarakan Topan beralasan. Sebab, menilik hasil kejurnas serupa edisi 2014 yang berlangsung di Kepulauan Riau, posisi atas klasemen perolehan medali tidak jauh-jauh dari enam provinsi tersebut. Jatim pun akhirnya sukses menjadi yang terbaik di semua nomor lomba.

“Kalau di luar kekuatan daerah-daerah itu sepertinya masih sulit bersaing, seperti kami yang hanya berani menargetkan dua emas di dua nomor,” papar dia.

Untuk nomor-nomor lomba, Topan menyebutkan terbagi dalam tiga kategori yakni spider kid, youth dan junior. Spider kid masih dibagi lagi menjadi tiga kelompok usia yakni spider kid A, spider kid B dan spider kid C.

Lalu kategori youth terbagi dalam dua kelompok usia A dan B, sementara untuk junior hanya dalam satu kelompok usia.

(Gading Persada / CN26)

Comments

comments