Foto: AFP Photo

Hamilton: Duel Sesama Rekan Setim Lebih Adil

Foto: AFP Photo

Foto: AFP Photo

BRACKLEY, suaramerdeka.com – Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton menilai, duel dengan rekan setim berlangsung adil seiring mobil yang relatif sama. Maka dari itu, duel dengan sesama rekan tim, dianggap juara dunia dua kali itu adalah duel yang sebenar-benarnya.

“Saya pikir pada akhirnya Anda tidak akan pernah menjalani balapan yang sesungguhnya kecuali mengendarai mobil yang sama. Karena akan selalu ada perbedaan-perbedaan di mobil. Mobil yang satu mungkin punya sedikit keunggulan tenaga, yang satunya lagi mungkin lebih baik di rem,” katanya dikutip Crash.

Musim ini, Hamilton nampaknya masih akan bersaing dengan Nico Rosberg, yang merupakan rekan setimnya, untuk memburu gelar juara dunia. Musim lalu, Hamilton menjadi juara dunia usai mengungguli Rosberg dengan selisih 67 poin di papan klasemen.

Sepanjang perjalanan kariernya, Hamilton sebelumnya berpartner dengan tiga pebalap lain yakni Fernando Alonso, Heikki Kovalainen, dan Jenson Button. Dari semuanya, hanya Button yang mampu mengungguli Hamilton tepatnya pada musim 2011.

“Saya ingat ketika persaingan berlangsung antara McLaren dan Ferrari, mereka punya wheelbase yang sedikit lebih panjang, mobil mereka lebih baik dalam menjaga ban terutama yang belakang. Punya mereka cenderung understeer, sedangkan punya kami oversteer.”

Pertarungan dengan rekan setim, diakui Hamilton, membuatnya bisa menikmatinya. Baginya hanya dengan mengendarai mobil yang sama, maka yang terbaik benar-benar bisa ditentukan.

“Jika Anda bertarung dengan rekan setim Anda, itu adalah pertarungan sesungguhnya ketika Anda punya material yang sama. Mobilnya hampir lebih serupa jadi saya menantikan kesempatan pertarungan itu. Tapi tak hanya dengan Nico, juga dengan Kimi dan Sebastian,” imbuh eks driver McLaren itu.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments