Foto: AP Photo

Hamilton: Balapan di Monza Sulit

hamilton-new

Foto: AP Photo

MONZA, suaramerdeka.com – Kendati memenangi balapan GP Italia, Lewis Hamilton menyebut, balapan di sana sangat sulit lantaran dia mengalami kendala teknis saat start.

“Entah karena apa di awal balapan, ada tombol yang Anda tekan yang menyalakan rangkaian peluncuran (mobil) saat formation lap dan itu tidak bekerja. Lalu saya pikir itu bukan masalah, saya akan menyalakannya saat balapan. Tapi saat saya berada di grid dan menyalakannya lagi, itu masih tidak bekerja. Itu sangat-sangat aneh,” sahut Hamilton usai balapan.

Seperti diketahui, Hamilton sempat tergusur ke posisi empat balapan akibat masalah teknis yang dia alami. Disebutkan kalau Mercedes tunggangannya mengalami kendala pada ‘race start mode’.

Usai melewati dua pit stop – dan menyalip Kevin Magnussen di lap 4 serta Felipe Massa pada lap 9 – Hamilton akhirnya bisa kembali menempel Rosberg di posisi terdepan. Dia lantas merebut posisi terdepan usai rekan setimnya itu melakukan kesalahan dan mobilnya melebar di chicane Rettifilo.

“Kami tidak pernah latihan start dengan kondisi seperti itu sebelumnya, dengan Anda tidak memiliki rangkaian peluncuran. Anda selalu berlatih dengan rangkaian peluncuran itu untuk mengoptimalkan (start). Jadi saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Saya hanya menjalaninya dan berharap yang terbaik,” lanjut dia di Crash.

Terkait keberhasilan menyalip Rosberg, Hamilton menyebut dia sendiri yang memiliki inisiatif untuk memberi tekanan pada pebalap asal Jerman itu. Padahal timnya menyarankan menunggu hingga jelang akhir race.

“Hari ini balapan yang sulit. Mereka (tim insinyur) bilang kalau saya harus menunggu (di posisi dua), tapi saya tahu dari pengalaman dan apa yang terjadi tahun ini, saya tahu kalau saya harus terus melaju. Jadi saya memilih rute yang berbeda,” ujarnya lagi.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments