Foto: crash.net

Hakkinen Beri Semangat pada Hamilton

Foto: crash.net

Foto: crash.net

MONTE CARLO, suaramerdeka.com – Eks juara dunia Formula 1, Mika Hakkinen memberi semangat pada Lewis Hamilton, yang baru saja menelan kekecewaan di GP Monaco. Hakkinen menyebut, Hamilton harus menjadikan hal itu sebagai pelecut semangat menuju balapan berikutnya.

“‘Aku akan memenangi yang berikutnya’. Itu bakal menjadi motivasinya. Anda tak bisa mulai merasa depresi akan hal tersebut. Anda harus belajar dan menganalisis apa yang sudah terjadi, dan jadi lebih tangguh dan lebih baik,” kata Hakkinen kepada Reuters.

Dalam balapan di Monaco, Hamilton nampaknya bakal menang setelah memperlihatkan aksi oke dalam sesi latihan dan kemudian menyabet pole. Tetapi pada akhirnya ia harus puas finis ketiga.

Hakkinen, juara dunia bersama McLaren pada 1998 dan 1999, tahu benar tentang pengalaman pahit. Di GP Italia 1999, ia terisak di tepi lintasan setelah membuat kesalahan mendasar dan melintir keluar ketika sedang memimpin balapan.

Kejadia selanjutnya terjadi pada GP Spanyol 2001, Hakkinen sedang meluncur menuju garis finis ketika mesin mobilnya mengalami di putaran terakhir sehingga membuatnya gagal meraih kemenangan yang sudah di depan mata.

“Segala hal yang terjadi dalam balapan atau dalam kehidupan bisa membuat Anda jadi lebih kuat karena Anda belajar dari hal-hal tersebut. Hanya saja amat sulit dalam posisinya duduk, di mobil balap, dengan semua orang menatap. Jutaan penggemar memperhatikan dan bertanya-tanya kenapa? Tidaklah mudah menjadi seorang pebalap dengan duduk di sana dan harus menjawab semua pertanyaan,” ujarnya.

Balapan berikutnya akan dilangsungkan di GP Kanada pada 7 Juni mendatang. Hamilton sendiri masih memuncaki klasemen sementara pebalap dengan keunggulan 10 poin dari Rosberg.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments