Foto: Crash.net

Hadapi MotoGP Prancis, Marquez Dilingkupi Rasa Percaya Diri

Foto: Crash.net

Foto: Crash.net

LE MANS, suaramerdeka.com - Rasa percaya diri tinggi tengah melingkupi rider Repsol Honda Marc Marquez kala menyongsong MotoGP Prancis di Le Mans pada akhir pekan nanti. “Saya suka sirkuit Le Mans walaupun lintasan itu menuntut Anda harus siap untuk menghadapi banyak variabel,” sebut Marquez di MotoGP.com.

Hingga empat seri, Marquez bisa dibilang sebagai pebalap yang paling konsisten dengan meraih dua kemenangan dan selalu naik podium sejauh ini.  Hasil tersebut membuatnya berhak untuk posisi teratas klasemen sementara dengan keunggulan 17 poin atas juara bertahan Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) yang berada di posisi dua.

Setelah balapan terakhir di Jerez, tes usai balapan juga sudah dimanfaatkan Marquez untuk memoles motornya. Hasil tersebut menambah optimisme Marquez setelah timnya juga sudah banyak melakukan pembenahan sedari musim dingin.

“Pertama-tama ada cuaca: Anda tak pernah tahu bagaimana situasinya. Tahun lalu suhunya meningkat drastis pada hari Minggu dan kami menghadapi banyak banyak tantangan dengan daya cengkeram bagian depan motor. Hujan juga tidak mengejutkan di sana. Sebagai tambahan, lintasannya memiliki layout stop-and-go, banyak tikungan lambat dengan pengereman dan akselerasi krusial,” kata dia.

Dalam MotoGP Prancis nanti, juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 tersebut berharap RC213V yang ia tunggangi bakal melaju dengan oke seperti di sirkuit Austin, salah satu kemenangannya musim ini, yang punya karakteristik mirip dengan Le Mans.

“Kami akan melihat apakah kami bakal menghadapi situasi serupa seperti Austin ketika akselerasi keluar dari tikungan lambat lebih baik daripada harapan, atau kami akan menghadapi tantangan lebih besar. Dalam tes terakhir di Jerez, kami banyak mengurusi elektronik dan pengaturan sasis untuk mendapatkan daya cengkeram lebih besar, dan keseimbangan motor untuk mengurangi wheelie.”

“Itu senantiasa jadi kompromi, tapi saya pikir kami sudah mengumpulkan informasi yang cukup buat Le Mans dan mempertimbangkan seberapa besar peningkatan kami sejak musim dingin dan seberapa cepat kami telah bereaksi terhadap banyak situasi, saya merasa percaya diri dan menantikan untuk segera memulai akhir pekan balapan,” tuturnya.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

andikaprima

Comments

comments