Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Hadapi IRR Magelang, Pembalap Muda Solo Ditempa Speed-Endurance

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Pembalap-pembalap muda Solo ditempa latihan rute panjang dan tanjakan guna meningkatkan daya tahan (endurance) fisiknya. Pelatih Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo Agus Sadiyanto juga menggenjot Andriyan ‘’Dayat’’ Hidayat dkk dengan materi peningkatan speed (kecepatan).

Perpaduan dua materi tersebut juga diterapkan dalam latihan Rabu (19/10) pagi. Dayat bersama Moh Abdul Azis, rekannya sesama eks-Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Balap Sepeda Jateng, digembleng pada rute sekitar 160 km.

Start dari Solo, Agus membawa anak asuhnya itu melintasi jalur datar ke Wonogiri-Ngadirojo, lalu rolling melewati Matesih dan berakhir di tanjakan Tawangmangu. “Mereka juga saya passing untuk menjaga kecepatan terutama pada rute datar dan rolling,” kata Agus, usai memimpin latihan.

Sehari sebelumnya (Selasa, 18/10), latihan juga diarahkan ke jalur tanjakan lereng Gunung Lawu di daerah Karanganyar. Mereka melahap rute Mojogedang-Pendem-Karangpandan, sebelum kembali turun ke Solo dalam jarak sekitar 60 kilometer. Untuk porsi full speed, para atlet muda Kota Bengawan dan awak PPLP digembleng di rencana jalan tol Solo-Kertosono, di kawasan Sawahan.

Menurut Agus, latihan keras tersebut terutama dilakukan guna menghadapi kejuaraan individual road race (IRR) di Magelang yang akan digelar 6 November mendatang. Pengkot ISSI Solo berencana menurunkan Dayat, Shindu Ardianto dan Saputro Reno Wijayanto dalam balapan itu.

Ketiganya direncanakan bersaing di kelompok yunior, kendati Reno dan Shindu mestinya masih masuk usia pemula, sedangkan untuk kelompok senior, pembalap kawakan Solo Endra Wijaya kemungkinan diikutsertakan, jika tidak punya agenda kejuaraan lain di klubnya.

“Sebelumnya, khusus Dayat ada kemungkinan juga ikut Tur Linggarjati di Kuningan pada akhir Oktober, jika dia jadi direkrut Customs Cycling Club (CCC). Maka dia harus dibekali latihan peningkatan performa,” tutur Agus.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments