Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Grand Final Motoprix Dibawa di Rakernas

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Gagasan grand final Kejurnas Motoprix 2014 akan dibawa ke Rakernas Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang bakal diselenggarakan di Jakarta, 27-29 November mendatang. Partai puncak ajang balap motor le el dua nasional tersebut akan mempertemukan pembalap tiga besar dalam klasemen akhir dari enam region yang telah berakhir Oktober lalu.

“Kalau disepakati, maka akan ada juara nasional untuk ajang Motoprix. Jadi juara nasional tidak hanya pada Indoprix yang merupakan level tertinggi balap motor di Indonesia,” kata Kabid Olahraga Motor pada Pengprov IMI Jateng, Lilik Kusnandar, Kamis (6/11).

Pria asal Rembang yang kini menjadi Ketua Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Solo itu menyadari, gagasan tersebut bukan tanpa kendala. Karena grand final tidak masuk dalam agenda awal rangkaian Motoprix, maka manajemen klub-klub peserta telah membubarkan timnya setelah seri terakhir pada setiap region, rampung.

“Tapi situasi itu bisa dicarikan solusinya. Caranya, para pembalap dari berbagai daerah bisa direkrut untuk mewakili masing-masing Pengprov IMI. Lalu mereka berkompetisi guna memburu gelar juara nasional,” ujarnya.

Soal teknis penyelenggaraannya, menurut Lilik, Pengurus Pusat (PP) IMI bisa menggandeng agen tunggal pemegang merek (ATPM) guna menyediakan sepeda motor yang akan digunakan para pembalap. Hal itu diperlukan, mengingat selama rangkaian seri pada setiap region, masing-masing klub yang menyiapkan kendaraan bagi atlet pengendaranya.

“Berkait akomodasi dan transportasi para peserta, PP IMI juga yang mestinya menyediakan. Jika gagasan tersebut disetujui, Solo siap menjadi tuan rumah. Sirkuit Manahan kan sudah pernah digunakan Motoprix Seri II Region 2 pada Mei lalu,” tandas Lilik.

Khusus Region 2 yang menggelar sembilan seri musim ini, gelar juara kelas MP1 (125 cc tune up seeded) digenggam pembalap Solo Agus ‘Iwan’ Setiawan dan runner up Sulung Giwang (Jatim). Kedua pembalap itu bertukar tempat di kelas MP2 (110 cc tune up seeded), yakni Sulung menjadi juara dan Iwan menempati runner up.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments