Foto: AP Photo

GP Korea Dicoret dari Kalender F1 2015

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

NEW YORK, suaramerdeka.com – Perhelatan Formula 1 musim depan dipastikan akan berlangsung pada 20 seri saja. Hal itu menyusul pencoretan GP Korea dari Kalender F1 2015.

Hilangnya GP Korea tersebut terlihat dalam revisi kalender F1 2015 yang dimuat International Automobile Federation (FIA) di laman web situs resminya.

“Kami memiliki kontrak dengan Korea. Kami harus memasukkannya ke dalam kalender. Jika tidak mereka bisa saja menuntut kami. Kami sudah memberi mereka keringanan satu tahun dengan menduga mereka akan kembali,” kata bos F1 Bernie Ecclestone saat itu seperti dilansir Reuters.

Pencoretan GP Korea itu sendiri tak terlalu mengejutkan karena bulan Desember lalu Ecclestone mengatakan bahwa pihak penyelenggara GP Korea sebenarnya enggan mengadakan balapan itu tetapi ia mesti tetap memasukkannya ke dalam kalender karena masalah legal.

Di musim lalu, balapan yang diselenggarakan di sirkuit Yeongam dan kali pertama dihelat pada tahun 2010 tersebut juga absen dilakukan.

Dengan balapan di Korea awalnya dijadwalkan pada 3 Mei, pencoretannya membuat ada kekosongan tiga pekan antara balapan sebelum itu dan berikutnya–Bahrain pada 19 April dan Spanyol pada 10 Mei.

Musim 2015 sendiri, menurut jadwal tersebut, akan dimulai pada 15 Maret di Albert Park, Australia, dan berakhir di Yas Marina, Abu Dhabi, pada 29 November.

Jadwal F1 2015

GP Australia – Albert Park, March 15
GP Malaysia – Sepang, March 29
GP China – Shanghai, April 12
GP Bahrain – Sakhir, April 19
GP Spanyol – Barcelona, May 10
GP Monako – Monte Carlo, May 24
GP Kanada – Montreal, June 7
GP Austria – Spielberg, June 21
GP Inggris Raya – Silverstone, July 5
GP Jerman – Nurburgring, July 19
GP Hongaria – Hungaroring, July 26
GP Belgia – Spa-Francorchamps, August 23
GP Italia – Monza, September 6
GP Singapura – Marina Bay, September 20
GP Jepang – Suzuka, September 27
GP Rusia – Sochi, October 11
GP AS – Austin – October 25
GP Meksiko – Mexico City, November 1
GP Brasil – Interlagos, November 15
GP Abu Dhabi – Yas Marina, November 29

(Andika Primasiwi, rtr / CN26 )

Comments

comments