Foto: AP Photo

GP Jerman Resmi Dicoret dari Kalender Musim 2015

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

LONDON, suaramerdeka.com - Menyusul  persoalan keuangan yang melanda pihak penyelenggara, GP Jerman akhirnya resmi dicoret dari kalender balapan Formula 1 musim ini.

“FIA (Federasi Autosport Internasional) mengumumkan bahwa balapan Jerman dicoret dari kalender musim ini karena tidak ada kesepakatan antara promotor dan pemegang hak komersial (CRH),” demikian pernyataan resmi FIA.

Jadwal semula GP Jerman bakal digelar pada 19 Juli mendatang di sirkuit Nurburgring. Namun, stagnannya pembicaraan pembicaraan antara bos F1, Bernie Ecclestone, dengan promotor balapan di sana, membuat balapan urung dilaksanakan.

Sebagai jalan keluar, Ecclestone menawarkan balapan Jerman kepada Hockenheim pada Januari lalu. Namun, hasil serupa juga ditemui kendati negosiasi sudah dilakukan selama tiga bulan yakni tidak ada titik temu antara kedua pihak soal pembiayaan balapan.

Disebut promotor balapan Hockenheim tak mampu menyediakan dana besar untuk menggelar balapan. Alhasil GP Jerman pun dicoret dari kalender F1 musim ini, yang mana untuk pertama kalinya tidak ada seri balapan di Jerman sejak 1960.

Balapan musim ini pun akhirnya hanya berjalan 19 seri, dengan adanya gap tiga pekan antara GP Inggris pada 5 Juli dengan GP Hungaria pada 26 Juli.

(Andika Primasiwi, ds / CN26)

Comments

comments