Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Gilas JVC, Vita Kokoh di Puncak Kejurnas Livoli

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

BANYUWANGI, suaramerdeka.com – Kemenangan berturutan pada tiga laga mengokohkan posisi tim voli putri Vita Solo di puncak klasemen sementara Kejurnas Livoli Divisi I yang diselenggarakan di GOR Tawangalun, Banyuwangi.

Partai ketiga yang membuahkan tambahan tiga poin bagi Rika Yuniar Tita Hapsari dkk adalah menggilas JVC Jakarta, Selasa (4/11). Tim asal Kota Bengawan tersebut unggul telak 3-0 (25-19, 25-20, 25-20).

”Meski menang, pada laga ketiga tadi permainan anak-anak menurun. Akibatnya, mereka sering melakukan kesalahan sendiri sehingga menguntungkan lawan,” kata pelatih tim putri Vita, Agus Suyanto.

Sebelumnya, anak-anak Kota Bengawan menggilas Borneo Kaltim, 3-0 pada pertandingan pertama (Minggu, 2/11) dan menundukkan JWS Minahasa juga dengan skor yang sama (Senin, 3/11). Atas tiga kemenangan telak secara beruntun itu, Vita mengemas total sembilan poin. Posisinya dibuntuti tuan rumah Putri Banyuwangi yang mengoleksi delapan poin.

”Posisi kami belum aman untuk menuju grand final, karena masih ada dua pertandingan yang harus dihadapi anak-anak yakni melawan Putri Banyuwangi (6/11) dan Vobgard Jakarta (7/11),” jelas Agus.

Pada duel versus tim JVC yang diracik pelatih Yudi Ahdiat, para pemain Vita menunjukkan penurunan performa. Kerja sama tim tidak berjalan optimal, seperti dua laga sebelumnya. Beberapa kali, anak-anak Solo justru salah pengertian sehingga poin beralih kepada tim lawan, meski set pertama diakhiri dengan keunggulan 25-19.

Agus pun melakukan penggantian beberapa pemain, antara lain open spiker Winda Ayu digantikan <I>all round<P> Ersandrina Devega Salsabila. Namun permainan timnya tetap tak berkembang maksimal, sehingga set kedua dan ketiga sama-sama berakhir dengan skor sama, 25-20.

”Bisa jadi anak-anak terlalu meremehkan lawan. Kemungkinan lain, kondisi fisik mereka menurun akibat faktor kelelahan. Hal ini segera saya evaluasi,” ujar pria yang membidangi pembinaan prestasi di Pengkot PBVSI Solo.

Karena itu, jeda pertandingan pada Rabu (5/11) akan dimanfaatkan sebaik-baiknya guna memulihkan performa. Rencananya, Rika Yuniar cs hanya akan menjalani latihan ringan pada pagi hari dilanjutkan dengan beristirahat total hingga malam harinya.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments