Foto: suaramerdeka.com / dok

Galang Hendra Finish Kedua di ARRC

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

BURIRAM, suaramerdeka.com – Galang Hendra Pratama berhasil meraih podium pertamanya di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) Seri 2 kelas Asia Production 250cc dengan menggunakan R25 di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand.

“Race yang sangat menegangkan. Ini merupakan podium pertama saya di ARRC AP 250. Saya sudah menekan sejak lap awal dan mencoba menerapkan strategi yang diinstruksikan oleh Team. Hasilnya saya bisa keluar sebagai juara di posisi 2,” kata pembalap asal Yogyakarta itu.

Abidin selaku GM Motor Sport & After Sales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengungkapkan bahwa ini merupakan hasil yang positif dari Team yang terus menganalisa performa Galang & motornya. Fighting spirit Galang juga diakuinya sangat luar biasa, ia sudah paham mengendalikan diri saat diganggu lawan dan tahu kapan mengatur ritme menyerangnya. Ia menambahkan Galang memiliki proses yang cepat sebagai pemula di motorsport.

“Dengan memiliki akurasi setup motor dalam hal engine, suspensi, dan kemampuan beradaptasi yang cepat di sirkuit, ditambah dengan program latihan yang terprogram dengan baik, Galang menunjukkan proses yang cepat sebagai seorang pemula di motorsport,” kata Abidin.

Lebih lanjut Abidin juga menjelaskan sebelum memasuki seri 2, Galang berlatih menggunakan R25 Spec ARRC melawan senior rider yang menggunakan R25 Spec YSR (Racing Spec) pada ajang Yamaha Sunday Race seri 2 di Sirkuit Internasional Sentul. Hasilnya Galang tampil memukau di ARRC Seri 2 kali ini.

Galang yang start di posisi enam sempat turun ke posisi delapan di lap awal. Namun memasuki dua lap terakhir, Galang sempat memimpin race dengan meraih posisi pertama. Karena akselerasi di tikungan yang belum maksimal posisi puncak pun diambil alih oleh Yamamoto dan Anupab Samoon sehingga ia harus berada di posisi dua.

Galang harus bertarung di posisi tiga melawan dominasi rider Yamaha Thailand lainnya yaitu Peerapong dan Apiwat. Berkat fighting spirit yang tinggi Galang mampu mempertahankan posisinya sekaligus berhasil meruntuhkan dominasi trio rider Yamaha Thailand.

Perubahan final gear dan Fine Tuning pada ECU pada hasil evaluasi warm up pagi tadi sangat dirasakan oleh Galang. Ia mengaku bisa mendapatkan speed yang maksimal disetiap sector sehingga mampu mendahului rider lainnya sejak pertengahan lap. Hingga lap akhir Galang memang berada di posisi 3. Namun, setelah investigasi yang dilakukan oleh panitia ARRC, rider Thailand Anupab Sarmoon terkena sanksi berupa penurunan 2 posisi. Sehingga Galang naik menduduki posisi 2.

“Terima kasih kepada Engineer, Team Teknisi, Rider dan semua sponsor kami yang telah ikut bekerja keras hingga tercapai hasil maksimal ini. Kami sudah menargetkan podium saat race kedua ini. Hasilnya kami bisa mewujudkan itu. Dengan hasil ini, seluruh rider dan team sangat termotivasi untuk bisa mengukir prestasi lebih baik lagi di race selanjutnya,” ungkap Wahyu Rusmayadi, Manajer Yamaha Racing Indonesia.

(Heru Fajar / CN26)

Comments

comments