Foto: AP Photo

FIA Hapus Regulasi Poin Ganda untuk Musim Depan

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

NEW YORK, suaramerdeka.com – FIA memutuskan untuk menghapus aturan poin ganda untuk musim depan. Alhasil, aturan yang memicu kontroversi tersebut dipastikan cuma berlaku di musim 2014.

Perlu diketahui, pemberian poin dobel untuk seluruh pebalap diterapkan FIA pada seri terakhir di musim 2014 ini dengan alasan demi membuat balapan makin menarik. Nyatanya, penerapan aturan itu justru memicu kritik dan tentangan.

F1 Fanatic menyebut, dari pertemuan yang dilakukan Dewan Olahraga FIA, Rabu (3/12) waktu setempat, regulasi poin dobel tersebut akhirnya tak lagi diberlakukan lagi musim ini.

Selain penghapusan regulasi poin ganda, pertemuan tersebut juga mencoret usulan dilakukannya standing start setiap setelah safety car masuk lintasan. Pertimbangannya, standing start justru dianggap punya potensi bahaya yang lebih besar.

Hal baru yang akan diterapkan musim 2015 adalah Virtual Safety Car. Ini sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru karena FIA sudah melakukan ujicoba saat Jules Bianchi mengalami kecelakaan di Jepang musim ini.

“Menyusul tes terhadap sistem VSC (Virtual Safety Car) pada seri-seri terakhir musim 2014, pengenalan sistem tersebut telah disetujui untuk 2015,” demikian FIA melalui pernyataan resminya.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments