Foto: Ibtimes.co.uk

FIA Bakal Investigasi Kecelakaan Fernando Alonso

Foto: Ibtimes.co.uk

Foto: Ibtimes.co.uk

CATALUNYA, suaramerdeka.com – FIA menyebut akan menginvestigasi kecelakaan yang dialami Fernando Alonso pada tes Formula I di Catalunya. Autosport melansir, FIA diyakini berbicara dengan McLaren untuk meyelidiki insiden tersebut dengan meminta data-data yang sudah ada.

FIA juga memeriksa rekaman CCTV yang merekam momen kecelakaan pebalap asal Spanyol itu. Dalam pernyataannya, seorang jurubicara FIA menyebut upaya penyelidikan dilakukan untuk mengetahui apakah nantinya bisa diambil upaya pengamanan untuk menghindari terulangnya kejadian serupa.

“Kami akan memeriksa dengan seksama atas apa yang terjadi. Kami ingin tahu apa penyebabnya sehingga kami bisa mengumpulkan informasi – sambil terus bekerjasama dengan McLaren,” ungkap sang juru bicara.

Sebenarnya, kecelakaan tersebut sebenarnya tak otomatis FIA menyelidiki kecelakaan yang terjadi pada sesi latihan pramusim. Pasalnya, event tersebut merupakan kegiatan tersebut merupakan event tidak resmi FIA.

Namun karena Alonso harus dirawat sampai tiga hari di rumah sakit akibat kecelakaan tersebut, FIA akhirnya memutuskan turun tangan.

Alonso mengalami kecelakaan saat melakukan ujicoba pramusim di Sirkuit Catalunya, Minggu (22/2) siang waktu setempat. Mobil tunggangannya menabrak sisi pembatas lintasan di antara tikungan tiga dan empat.

Dalam pernyataan resminya, McLaren  menyebut angin sebagai penyebab insiden tersebut. Namun muncul kecurigaan lain karena McLaren terkesan menyembunyikan data, yang salah satunya menolak memberi informasi berapa kecepatan Alonso saat menghantam pembatas atau gaya tekanan G-Force yang dialami padsa momen yang sama.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments