Foto: crash.net

Ecclestone Sebut Rossi Bakal Didiskualifikasi Jika di Formula 1

Foto: crash.net

Foto: crash.net

ABU DHABI, suaramerdeka.com – Supremo Formula 1 Bernie Ecclestone angkat bicara soal insiden kontroversial antara Valentino Rossi dengan Marc Marquez. Jika berlaga di Formula 1, Ecclestone memastikan Rossi pasti didiskualifikasi atas aksinya itu.

“Apa yang terjadi sepenuhnya salah. Itu juga menjadi peringatan bagi F1. Contohnya begini. Anggap saja Ferrari sedang bertarung untuk titel juara dan Marcedes menghambat mereka dengan salah satu tim konsumennya, apa yang akan terjadi?” kata Ecclestone kepada Gazzetta dello Sport.

Dalam balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia, pebalap Movistar Yamaha itu memaksa Marquez melebar, membuat kontak, sebelum akhirnya sang rival jatuh di turn 14. Alhasil, Rossi dihukum tiga penalti poin sehingga harus start dari posisi paling belakang di balapan finale Valencia.

Namun, Rossi tetap mendapatkan nilai dengan finis ketiga. Kontroversi kedua pebalap itu masih mendapat perhatian sejumlah kalangan hingga kini. Soal hukuman Rossi, tidak sedikit — termasuk Lorenzo — yang menilai sanksi itu terlalu enteng. Ecclestone pun menilai demikian.

“Rossi sudah pasti akan didiskualifikasi. Dia akan mendapatkan bendera hitam,” jawab Ecclestone saat ditanya bagaimana kalau insiden itu terjadi di F1.

Beberapa tahun lalu, Rossi pernah tergoda untuk terjun ke balap F1 setelah beberapa kali melakoni tes dengan mobil Ferrari. Namun, pada akhirnya pebalap Italia itu tetap di MotoGP.

“Dia punya beberapa kesempatan tapi dia adalah bintangnya MotoGP. Sementara dia akan harus memulai dari awal lagi di Formula 1, dia membuat keputusan yang tepat dengan tetap di balap motor,” imbuh Ecclestone.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments