Foto: SeanGP

Duet Pertamina Campos Raih Hasil Positif, Sean Sodok Finis 10 Besar

Foto: SeanGP

Foto: SeanGP

BUDAPEST, suaramerdeka.com – Duet pembalap Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, Mitch Evans dan Muhammad Sean Gelael menuai hasil positif pada sprint race GP2 Hongaria, di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Minggu (24/7).

Evans finis kelima dan berhak mendapat tambahan enam poin, sedangkan Sean yang start dari posisi paling belakang bisa menyodok ke posisi 10 besar. Sukses Evans finis kelima dan mendapat enam poin ini menjaga tren positif yang juga dia dapat pada balapan feature sehari sebelumnya.

Pembalap asal Selandia Baru ini juga mendulang satu poin dengan finis di posisi ke-10. Dengan tambahan enam angka, maka koleksi poin Evans di klasemen pebalap menjadi 77. Untuk sementara Evans menempati posisi ketujuh.

Buat Sean hasil masuk 10 besar memperbaiki hasil buruk yang diterimanya pada feature race. Saat itu ia berada di posisi paling belakang setelah pada putaran ketiga mobilnya sempat disundul pembalap Swedia Jimmy Eriksson. Akibatnya, ban mobil belakang kanan Sean pecah.

Balapan hari Minggu berlangsung menarik didukung cuaca yang cukup cerah. Drama balapan langsung terjadi pada putaran pertama, diawali senggolan mobil Antonio Giovinazzi dengan pebalap tim Rapax Arthur Pic. Mobil Pic sempat keluar lintasan sebelum kembali lagi. Belakangan akibat senggolan itu, Giovinazzi dihukum penalti 10 detik.

Drama lebih seru terjadi pada tikungan berikutnya.  Empat mobil terlibat tabrakan setelah gagal menghindari mobil Pic yang melintir di tengah lintasan. Selain Pic, tiga pembalap tidak bisa melanjutkan balapan, yakni Nobuharu Matsushita, Luca Ghiotto, dan Alex Lynn.

Sean cukup beruntung bisa menghindari insiden ini. Dia pun bisa menyodok ke posisi ke-12 setelah sebelumnya menyusul sejumlah pembalap jelang tikungan tadi. Akibat insiden ini, mobil pengaman (safety car) masuk lintasan. Formasi barisan depan masih dipimpin Jordan King (Racing Engineering), Sergey Sirotkin (ART Grand Prix), Norman Nato (Racing Enginerring), Mitch Evans dan Raffaele Marciello.

Giovinazzi harus melepas posisi keenamnya setelah masuk pit stop untuk memperbaiki sayap depannya yang patah.  Pebalap Prema Racing yang juga didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini gagal mengulang hasil manis podium kedua pada hari Sabtu. Dia semakin tercecer di belakang karena menjalani penalti 10 detik.

Sementara Sean tampil konsisten menjaga posisinya. Dia kembali naik ke urutan ke-10 setelah pembalap di depannya, Jimmy Eriksson mengalami masalah pada mobilnya.

“Hasil yang lumayan. Saya bisa menghindari kecelakaan dan tidak membuat banyak kesalahan. Jalannya balapan tidak mudah karena dengan lintasan kering semua pebalap memaksimalkan kecepatannya,” kata Sean yang pada balapan penuh musim pertamanya di GP2 ini menargetkan finis di posisi 15 besar pada setiap balapan.

(Wahyu Wijayanto / CN26)

Comments

comments