Dua Pembalap Indonesia Belajar ke Valentino Rossi

Foto: suaramerdeka.com/Heru Fajar

Foto: suaramerdeka.com/Heru Fajar

MERAH PUTIH akan segera berkibar di negeri Italia menjelang keberangkatan Galang Hendra dan Imanuel Pratna.Kedua rider itu direkomendasikan oleh Yamaha Indonesia dan diundang langsung oleh Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing (YMR) yang menaungi tim Movistar Yamaha MotoGP, untuk  mengikuti program Yamaha|VR46 Riders Academy “The Master Camp” yang dilatih langsung oleh top rider Yamaha MotoGP, “The Doctor” Valentino Rossi.

Bagaimana Galang dan Imanuel mewujudkan mimpi di sana dibahas saat press conference di booth Yamaha di Jakarta Fair, Minggu 26 Juni 2016. Yamaha Indonesia dengan bangga menghadirkan dua pebalap muda bertalenta besar itu ke depan media, menyambung kabar gembira yang diumumkan Yamaha Motor Company (YMC) Jepang dua pekan lalu mengenai 5 rider yang berkesempatan menjalani training Yamaha|VR46 Riders Academy “The Master Camp”.

Indonesia mengirimkan dua orang sedangkan tiga negara lainnya masing-masing satu perwakilan, Peerapong Loiboonpeng  dari Thailand, Soichiro Minamimoto (Jepang), dan Kasma Daniel Bin Kasmayudin (Malaysia).Kelimanya memenuhi persyaratan untuk dipilih, usia di bawah 21 tahun, full race Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 dan top 5 pebalap Yamaha di ARRC 2016 sampai seri 3.

Mereka akan berlatih di Motor Ranch Tavullia menggunakan YZ250F dan YZF-R3 di San Misano Circuit, 4 – 8 Juli 2016. Merupakan kebanggaan tersendiri karena YZF-R3 adalah global model yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia, dan memang sudah menjadi motor resmi yang digunakan oleh para pebalap yang berlatih di Yamaha|VR46 Riders Academy.

Kontribusi Yamaha Indonesia sendiri jelas berperan penting dalam mengantarkan pebalapnya ke Tavullia. ”Dari Yamaha Indonesia merekomendasikan Galang dan Imanuel untuk berlatih di VR46 Riders Academy, Tavullia. Dengan persyaratan dari Yamaha Jepang yang bisa dipenuhi, akhirnya keduanya terpilih. Yamaha Indonesia sendiri memang merupakan official partner Apparel 46|ASIA dan motorcycle supplier dengan digunakannya YZF-R3. Kami bangga Galang dan Imanuel bisa menjadi duta bangsa Indonesia di “sekolah” Valentino Rossi. Mereka menjadi contoh perjuangan anak bangsa yang dapat merealisasikan impian tinggi menjadi murid Valentino Rossi di akademinya. Ini adalah mimpi semua pebalap namun tidak semua bisa memperoleh kesempatan emas itu, sehingga yang bisa berguru di sana pebalap istimewa,” papar M.Abidin, GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Galang dan Imanuel akan bertolak ke Italia pada Kamis 30 Juni 2016. Dari Jakarta mendarat di Milan lalu berkunjung ke Kantor Pusat Yamaha Motor Racing (YMR) di kota Lesmo, Milan. Setelah itu ke Tavullia, lokasi berdirinya VR46 Riders Academy. Di Tavullia mereka menjalani latihan di sirkuit Flate Track Motor Ranch menunggangi YZ250F dan di sirkuit San Misano  menggeber YZF-R3. Latihan di Motor Ranch dan sirkuit San Misano didampingi langsung Valentino Rossi dan instruktur VR46 Riders Academy lainnya.

Keduanya juga akan berlatih  fisik lewat gym training. ”Ada banyak ilmu yang akan didapat Galang dan Imanuel baik itu teknik balap, maupun pembelajaran teknis dan non teknis di dunia balap. Kami harapkan mereka dapat menyerap semaksimal mungkin. Dan pulang membawa pengalaman yang akan bermanfaat untuk karir balap mereka serta motivasi bagi pebalap-pebalap  Indonesia lainnya. Latihan di Tavullia ini pun menjadi bukti Yamaha Indonesia sukses mencetak rider berkualitas internasional yang dididik dalam rangkaian tahap membalap di kejuaraan lokal lalu naik ke kompetisi internasional yang turut mengantarkan mereka sampai ke VR46 Riders Academy,” tutur Supriyanto, Manager Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

(Heru Fajar/CN39/SM Network)

Comments

comments