Foto: Getty Images

Doohan: Rossi Terlihat Tampil Beda di Atas Lintasan

Foto: Getty Images

Foto: Getty Images

SYDNEY, suaramerdeka.com – Legenda MotoGP Mick Doohan menyebut, gaya membalap Valentino Rossi sudah mulai berubah dan membuatnya terlihat tampil tampil beda di atas lintas. Rider Movistar Yamaha sendiri sudah punya sembilan gelar juara dunia di seluruh kelas balap motor grand prix.

Menurut Doohan yang merupakan jawara lima kali 500cc, multi-gelar seperti itu sedikit-banyak membuat gaya seorang pebalap akan berubah. Termasuk dirinya dulu dan Rossi saat ini.

“Kejuaraan Dunia selalu target terbesarnya. Tetapi jika sudah meraih beberapa, maka semua tergantung balapannya dan Anda bisa bersenang-senang. Orang bisa melihat Valentino. Ia menikmati balapan lebih dari apa pun,” kata Doohan seperti dikutip Speed Week.

Seperti diketahui, Rossi mulai turun di dunia balap motor grand prix di kelas 125cc pada tahun 1996 bersama Aprilia. Di musim debutnya, dia mengakhiri musim dengan berada di posisi sembilan. Baru di musim kedua pebalap berjuluk The Doctor itu mampu menjuarai kelas 125cc dan menjadi titel terakhirnya di kelas tersebut karena sebelum naik kelas ke 250cc.

Pada musim debutnya di 250cc, Rossi langsung mampu jadi runner-up dan disempurnakan di musim keduanya dengan menjadi jawara 250cc. Dua musim kembali cukup buatnya untuk langsung naik kelas.

Tahun 2000 menjadi debut Rossi di kelas primer balap motor grand prix. Pebalap Italia 35 tahun itu mengakhirinya dengan berada di posisi dua. Lagi-lagi Rossi bisa unjuk gigi di musim kedua sebuah kelas, dengan tampil menjadi kampiun 500cc tahun 2001.

Saat MotoGP menjadi kelas primer mulai tahun 2002, Rossi masih terus mampu mempertahankan gelar juara sampai dengan 2005. Sempat dua musim berjauhan dengan titel juara, pada musim 2008 dan 2009 Rossi kembali menjadi yang terbaik. Jadilah ia kini sudah meraih sembilan gelar juara balap motor grand prix.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments