Foto: AFP Photo

Doohan Rela Rekornya Dilampaui Marquez

Foto: AFP Photo

Foto: AFP Photo

SYDNEY, suaramerdeka.com – Legenda MotoGP Mick Doohan mengaku, rela rekornya selama 17 tahun sebagai pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim disamai atau dipatahkan Marc Marquez. Bahkan, dia menyanjung penampilan dari pebalap Repsol Honda itu.

“Saat saya masih membalap dan meraih rekor, itu mungkin bukan hal yang utama dalam pikiran saya. Saya hanya fokus pada balapan dan kejuaraan tapi saat saya melihat Marquez mengalahkan mereka (pesaingnya) itu hal yang menarik untuk ditonton,” sahut Doohan dalam wawancaranya dengan Crash.

Perlu diketahui, Hingga kini tidak ada yang bisa menyamai atau mengalahkan catatan milik legenda balap asal Australia itu dengan 12 kemenangan dalam satu musim yang ditorehkan pada musim 1997.

Namun, Marquez berpeluang menyamai rekor itu akhir pekan ini pada MotoGP San Marino. Rider 21 tahun itu sejauh ini sudah mengumpulkan 11 kemenangan. Karena balapan musim 2014 masih ada enam seri lagi, peluang Marquez mematahkan catatan Doohan terbuka sangat lebar. Sebelumnya Marquez juga sudah menyamai rekor Doohan yang lain yakni 10 kemenangan beruntun.

“Saya pikir dia sudah menyamai 10 kemenangan beruntun yang saya pernah miliki dan akan hebat melihatnya mematahkan itu karena itu akan bagus untuk olahraga. Adalah hal yang hebat pebalap seperti Marquez, membuat dan mematahkan rekor yang dibicarakan banyak orang dan itu bukan hal yang buruk untuk olahraga ini,” lanjutnya.

Secara khusus Doohan juga memberi sanjungan tinggi pada Marquez. Doohan menyebut Marquez sebagai sosok pebalap yang spesial terkait suksesnya mendominasi musim meski di MotoGP masih ada pebalap hebat seperti Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

“Statistik sudah berbicara dan dan dia menjalani rangkaian (balapan) yang unik dan mendominasi dengan cara yang spektakuler. Seseorang bisa mendominasi pebalap luar biasa seperti Lorenzo dan Pedrosa serta membuat rekor, itu menunjukkan dia spesial,” puji Doohan.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments