Foto: crash.net

Doohan Nilai Ketegangan Rossi dan Marquez Hal yang Wajar

Foto: crash.net

Foto: crash.net

LONDON, suaramerdeka.com – Ketegangan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez yang terjadi di akhir musim 2015, dinilai pebalap legendaris Mick Doohan merupakan hal wajar.

“Tidak ada batas yang dilanggar. Balapan adalah balapan dan ini adalah hal yang sama di era saya di mana Anda mendorong dan menyenggol orang-orang di sekitar Anda,” ucap pembalap yang meraih lima titel juara dunia 500 cc dengan Honda itu kepada Crash.net.

Insiden kontroversial terjadi jelang akhir MotoGP musim ini dengan melibatkan Rossi dan Marquez. Kedua pebalap tersebut terlibat perselisihan yang dipicu oleh Rossi yang menuduh pebalap Honda Repsol itu membantu Jorge Lorenzo, rekan setim sekaligus rivalnya dalam perebutan titel juara dunia dalam balapan di Australia.

Puncak konflik itu terjadi di Sepang, Malaysia ketika Marquez jatuh saat berduel sengit dengan pebalap Yamaha itu. Rossi dianggap bersalah karena menyebabkan pebalap lain terjatuh sehingga dijatuhi hukuman yang mempengaruhi peluangnya meraih titel juara di Valencia, Spanyol.

Pada akhirnya, Rossi gagal menggapai titel yang direbut Lorenzo. Namun, drama di balapan pamungkas tidak berhenti di situ karena Rossi kembali menuding Marquez dan kini menyebut dia ‘bodyguard’ Lorenzo. Marquez dan Honda berkali-kali membantah sangkaan itu. Namun, hubungan kedua pebalap pascakontroversi ini diragukan akan bisa pulih.

“Ini bulan lah tari balet dan ini adalah kompetisi yang sengit karena ada banyak yang dipertaruhkan, baik kedua pebalap yang sedang terlibat dalam pertarungan gelar juara maupun pebalap-pebalap yang berhasrat memenangi sebuah balapan dan tidak ada dari mereka yang ingin kehilangan kemenangan. Itu membuat tontonan yang menarik, bahan bacaan yang hebat, dan hiburan yang hebat pula. Begitulah MotoG.”

Doohan mengambil sisi positif dari insiden Rossi dan Marquez yang justru membuat MotoGP semakin menarik dan disukai. Meskipun, dia menyayangkan bahwa hal ini terlalu dibesar-besarkan media.

“Saya pikir [musim] 2015 sangat fantastis. Ini adalah musim yang hebat untuk olahraga ini secara keseluruhan. Saya pikir beberapa orang membawa masalah Rossi dan Marquez terlalu jauh. Pada akhirnya, olahraga inilah yang menang. Saya pikir media menang lebih banyak daripada yang diperlukan. Tapi saat masalah ini panas-panasnya banyak orang bilang macam-macam dan melakukan banyak hal namun ini hanyalah balapan.”

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments