Foto: BPA

Dominan, Lewis Hamilton Juarai GP Inggris

Foto: BPA

Foto: BPA

SILVERSTONE, suaramerdeka.com – Lewis Hamilton sukses menjuarai GP Inggris, Minggu (10/7) malam. sekaligus meraih kemenangan ketiganya secara beruntun di Sirkuit Silverstone. Dalam balapan kali ini, Hamilton relatif dominan dengan mempertahankan posisinya di urutan pertama.

Dalam balapan kali ini, , para pebalap tak boleh tak saling menyalip karena kendali balapan dipegang oleh safety car (mobil pengaman) pada lima putaran pertama. Panitia memutuskan untuk mengeluarkan mobil tersebut karena kondisi lintasan yang masih teramat berbahaya setelah diguyur hujan.

Setelah safety car keluar, nyaris terjadi berbagai insiden di dalam pit karena lebih dari separuh pebalap langsung masuk ke pitstop untuk mengganti ban menjadi intermediate.

Fernando Alonso yang sempat dua kali tergelincir, dan sangat beruntung tidak menabrak pembatas, pada akhirnya mampu menyelesaikan balapan di posisi ke-13. Empat pebalap gagal finis di seri kesembilan kali ini yaitu Wehrlein, Rio Haryanto, Romain Grosjean, dan Joylon Palmer.

Pada akhirnya Hamilton yang sukses menjuarai seri ini. Sementara itu, Nico Rosberg dan Max Verstappen terlibat pertarungan sengit dalam memperebutkan posisi kedua. Pada akhirnya, podium kedua direbut oleh Rosberg dan Verstappen harus puas finis di urutan ketiga.

Bagi Hamilton, ini adalah kemenangan ketiga secara beruntun yang dia catat di GP Inggris. Secara keseluruhan, Hamilton sudah empat kali juara di balapan di kandangnya sendiri itu. Sementara itu, Rio Haryanto tak mampu menuntaskan balapan. Rio out di lap 27. Rekan setim Rio, Pascal Wehrlein, juga retired setelah tergelincir di lap ketujuh.

Hasil GP Inggris 2016:

1 Lewis Hamilton (MERCEDES)    1:34:55.831
2 Nico Rosberg (MERCEDES) +6.911s
3 Max Verstappen (RED BULL RACING TAG HEUER) +8.250s
4 Daniel Ricciardo (RED BULL RACING TAG HEUER) +26.211s
5 Kimi Räikkönen (FERRARI) +69.743s
6 Sergio Perez (FORCE INDIA MERCEDES) +76.941s
7 Nico Hulkenberg (FORCE INDIA MERCEDES) +77.712s
8 Carlos Sainz (TORO ROSSO FERRARI) +85.858s
9 Sebastian Vettel (FERRARI) +91.654s
10 Daniil Kvyat (TORO ROSSO FERRARI) +92.600s

(Andika Primasiwi, CNN, BBC / CN26)

Comments

comments