Foto: tenniscircus.com

Djokovic Sabet Laureus Awards 2015

Foto: tenniscircus.com

Foto: tenniscircus.com

SHANGHAI, suaramerdeka.com – Novak Djokovic menyabet penghargaan sebagai olahragawan putra terbaik dalam Laureus Awards 2015.

Dalam upacara penganugerahan yang digelar di Shanghai Grand Theatre, Shanghai, China, Rabu (15/4) malam waktu setempat, Djokovic mengalahkan olahragawan top lainnya yang masuk ke dalam nominasi seperti Lewis Hamilton, Marc Marquez, Cristiano Ronaldo, dan Rory McIlroy.

Perlu dicatat ini adalah kali kedua, Djokovic menyabet gelar sebagai olahragawan putra terbaik dalam Laureus Awards. Sebelumnya, petenis asal Serbia itu juga diganjar penghargaan yang sama pada tahun 2012.

Tahun 2014 lalu, Djokovic memenangi tujuh gelar termasuk Wimbledon dan ATP World Tour Finals. Dia juga kembali ke peringkat satu dunia di akhir tahun. Namun Djokovic tak bisa hadir dalam seremoni tersebut karena berada di Monako untuk turnamen Monte Carlo Masters.

“Ini mungkin adalah mahkota untuk musim 2014 saya yang ditandai dengan menjuarai Wimbledon, kembali ke peringkat satu dunia, dan menjadi seorang ayah. Ini mungkin adalah tahun terbaik dalam hidup saya sejauh ini,” ujar Djokovic di situs resmi Laureus.

Untuk kategori atlet putri terbaik, penghargaan diberikan kepada pelari asal Ethiopia, Genzebe Dibaba, yang berhasil memecahkan tiga rekor dunia sekaligus di ajang yang berbeda-beda hanya dalam kurun waktu dua minggu di bulan Februari 2014.

Sementara itu, kategori tim terbaik dimenangi oleh timnas Jerman yang sukses menjuarai Piala Dunia 2014. Die Nationalmannschaft juga menjadi tim Eropa pertama yang jadi juara di Piala Dunia yang digelar di benua Amerika.

Dari lintasan balap Formula 1, Daniel Ricciardo membawa pulang penghargaan Breaktrough of The Year. Berstatus sebagai rookie di tahun lalu, Ricciardo memenangi tiga balapan bersama Red Bull dan mengakhiri musim di peringkat ketiga.

Daftar pemenang Laureus Awards 2015:

Sportsman of The Year: Novak Djokovic (Serbia/tenis)
Sportswoman of The Year: Genzebe Dibaba (Ethiopia/atletik)
Team of The Year: Tim nasional Jerman (sepakbola)
Comeback of The Year: Schalk Burger (Afrika Selatan/rugby)
Breaktrough of The Year: Daniel Ricciardo (Australia/balap mobil)
Academy Execptional Achievement: Li Na (China/tenis)
Spirit of Sport: Yao Ming (China/basket)
Sportsperson of the Year with a Disability: Tatyana McFadden

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments