Foto: suaramedeka.com / Arif M Iqbal

Disambut Bak Pahlawan, Tontowi dan Liliyana Terharu

Foto: suaramedeka.com / Arif M Iqbal

Foto: suaramedeka.com / Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir tak menyangka disambut bak pahlawan saat tiba di Indonesia. Pasangan ganda campuran bulu tangkis ini mengaku cukup terharu melihat banyaknya pendukung yang menyambut di Ultimate Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Selasa (23/8).

Begitu tiba, atlet yang akrab disapa Owi dan Butet tersebut mendapat kalungan bunga dari Menpora Imam Nahrawi. Owi dan Butet mendapat perlakuan istimewa setelah berhasil membawa pulang medali emas ganda campuran bulu tangkis Olimpiade Rio 2016 usai menundukkan wakil Malaysia, Goh Liu Ying/Chan Peng Song dua game langsung, 21-14 dan 21-12.

Meski menempuh perjalanan selama dua hari dari Brasil, wajah atlet didikan PB Djarum tersebut tak terlihat seperti orang kelelahan. Mereka terus menampakkan keceriaan mendapat sambutan yang cukup wah.

“Cukup lelah perjalanan ini. Tapi saya terharu melihat penyambutan yang luar biasa seperti ini. Sangat bangga. Terima kasih atas dukungan semuanya sehingga kami bisa seperti ini,” ujar Liliyana.

Tontowi tak kalah semangat. Dia berharap pencapaiannya saat ini bisa menjadi pelecut bagi atlet-atlet lain untuk berprestasi di bidangnya masing-masing. “Saya hanya berharap sukses ini bisa terus dijaga untuk para atlet-atlet muda penerus kami,” tutur Owi.

Setelah bertemu para pendukung dan media di Bandara, Owi dan Butet langsung diarak ke Jakarta menggunakan bus tingkat milik Pemkot Bandung. Owi dan Butet, termasuk Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan berada di bagian atas, ditemani para pejabat seperti Imam Nahrawi, Ade Komarudin dan pejabat lain.

Arak-arakan menggunakan bus tingkat ini memakan waktu sekitar dua jam. Selama perjalanan menuju Jakarta, mereka dikawal Patwal, lalu diperlakukan seperti pejabat dan hampir tak ada hambatan sama sekali. Para pendukung, termasuk mobil puluhan media mengikuti iring-iringan di belakang.

Saat tiba di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, rombongan tak langsung masuk ke halaman Kantor Kemenpora, tapi melanjutkan arak-arakan keliling Ibu Kota. Setelah berkeliling, mereka kembali ke halaman Kantor Kemenpora. Sambutan untuk pahlawan olahraga ini tak kalah meriah. Begitu bus tingkat yang mengangkut mereka masuk halaman Kantor Kemenpora, rentetan flare atau kembang api menyala ke udara.

Hampir 1000 anak muda yang terdiri atas siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus di Ibu Kota menyambut mereka dengan yel-yel. Mereka membawa bendera merah putih kecil, lalu dikibar-kibarkan hingga membuat suasana bertambah semarak. Owi dan Butet juga menghampiri mereka.

Setelah itu, Owi yang langsung dihampiri istri dan anaknya, bersama Butet plus orangtuanya, diminta memotong tumpeng yang sudah disiapkan di halaman Kantor Kemenpora. Setelah prosesi berakhir, Owi dan Butet bersama Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni mendapat kesempatan jamuan makan malam bersama Menpora Imam di ruangannya.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments