Foto: suaramerdeka

Dirancang, Lima Seri Kejurprov Balap Motor

Foto: suaramerdeka

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Kejurprov balap motor atau road race Jateng bakal bertambah. Kalau tahun lalu hanya ada tiga seri balapan, maka kini dirancang lebih banyak yakni menjadi lima seri sepanjang 2015. Rencana itu akan dibahas dalam Rakerprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jateng di Temanggung, 17 Januari mendatang.

”Tambahan menjadi lima seri, demi memacu motivasi para pembalap motor Jateng. Semakin banyak kejuaraan yang digelar, maka diharapkan makin tinggi animo peserta yang pada akhirnya memunculkan bibit-bibit baru potensial,” kata Kabid Olahraga Motor pada Pengprov IMI Lilik Kusnandar, Kamis (1/1).

Pria asal Rembang Solo tersebut menambahkan, olahraga adu kebut motor kini menunjukkan gairahnya. Namun ajang terbanyak masih didominasi drag bike. Berdasarkan catatannya, ada sekitar 40 kegiatan balap motor pada lintasan jalan lurus bagi pembalap pemula itu, sepanjang 2014 di Jateng.

”Pada 2015, ajang tersebut juga sudah pasti tetap dominan. Maka kami akan menetapkan syarat bagi klub otomotif, yakni setiap menggelar tiga kegiatan drag bike, wajib menambah satu event road race. Jadi motivasi pembalap makin tinggi,” ujar Lilik yang juga Ketua Pengkot Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Solo itu.

Dia menggagas, lima seri kejurprov tersebut diselenggarakan secara merata pada wilayah-wilayah eks karesidenan yang ada di Jateng. Menurutnya, lima seri kejurprov balap motor punya tujuan ganda, selain memunculkan potensi muda.

Bertambahnya seri adu kebut pada tahun ini, sekaligus bisa dimanfaatkan para atlet Jateng guna mengasah kemampuannya dalam persiapan menghadapi prakualifikasi PON XIX yang diperkirakan berlangsung pada Oktober-November mendatang.

”Jika arena lomba lebih banyak, maka jam terbangnya bakal bertambah. Performa pembalap pun pasti meningkat, sehingga lebih memudahkan IMI Jateng untuk mempersiapkan tim Pra-PON XIX,” tutur Lilik.

Di samping kejurprov, Jateng kebagian dua seri kejurnas balap motor road race  yang rencananya digelar di Solo dan Purwokerto, April dan Agustus mendatang. Selain itu ada dua seri kejurnas motocross dan tiga seri kejurnas grasstrack sepanjang 2015 di Jateng.

(Setyo Wiyono/ CN26)

Comments

comments