Foto: crash.net

Dihukum, Rossi Harus Start Terakhir di MotoGP Valencia

Foto: crash.net

Foto: crash.net

SEPANG, suaramerdeka.com - Valentino Rossi harus membayar mahal insiden senggolannya dengan Marc Marquez di MotoGP Malaysia. Dia mendapat hukuman penalti sehingga  harus start dari posisi terakhir di MotoGP Valencia.

Di MotoGP Malaysia, Rossi menuntaskan balapan di posisi tiga usai menjalani persaingan super sengit dengan Marquez. Sengitnya persaingan dua pebalap itu mencapai puncaknya di lap ketujuh di mana Marquez terjatuh, pada akhirnya tak bisa melanjutkan balapan dan diduga ada unsur kesengajaan dari Rossi.

Insiden itu kemudian diselidiki Race Direction dan mereka kemudian memberikan pengumuman. Dalam pernyataan yang dikabarkan akun Twitter resmi MotoGP tersebut, Race Direction mengganjar tiga poin penalti untuk Rossi.

MotoGP memakai sistem poin penalti itu sendiri dipergunakan MotoGP sebagai jawaban untuk mengantisipasi kelakuan negatif pebalap, semisal membahayakan rider lain. Jumlah poin penalti berkisar antara satu sampai 10, dengan sanksi diterapkan pada batas tertentu.

Setiap pebalap yang mencapai empat poin penalti akan mengawali balapan berikutnya dari posisi paling belakang. Itulah hukuman yang diterima Rossi, mengingat sebelumnya musim ini ia juga sudah mendapat satu poin penalti di kualifikasi MotoGP San Marino lalu, akibat dinilai menghambat laju Jorge Lorenzo, rekan setim sekaligus pesaing tunggalnya di kejuaraan saat ini.

Artinya, dengan kata lain, hukuman untuk Rossi ini lebih merupakan akumulasi dari poin-poin hukuman kepadanya, yang membuat Rossi lantas harus start dari posisi terakhir di balapan berikutnya karena sudah mengumpulkan empat poin penalti pada musim ini, dan bukannya berupa pemotongan poin Rossi yang sekarang berjumlah 312 angka.

Keputusan itu sendiri dinyatakan sudah direspons oleh tim Rossi, dengan cara mengajukan naik banding terhadap hukuman tersebut. MotoGP Valencia, yang dihelat dua pekan mendatang, menjadi balapan pamungkas musim 2015. Rossi untuk sementara memuncaki klasemen dengan keunggulan tujuh poin dari Lorenzo.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments