Foto: AP Photo

Di Abu Dhabi, Rosberg Harapkan ‘Bantuan’ Pebalap Williams

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

SAO PAOLO, suaramerdeka.com – Nico Rosberg mengharapkan ada sedikit ‘bantuan’ dari pebalap-pebalap Williams di seri pamungkas di Abu Dhabi setelah peluangnya menjadi juara dunia Formula 1 kembali hidup. Kepastian itu diungkapkan usai dia sukses memenangi GP Brasil.

“Menyedihkan, tapi memang benar! Tapi sekarang saya butuh sedikit bantuan dari orang lain karena Lewis tak boleh finis kedua di Abu Dhabi — agar peluang saya tetap terjaga adalah dia tidak finis lebih baik dari posisi ketiga. Mungkin (itu adalah) Williams, yang tak bisa Anda lewati di lintasan lurus,” ujar Rosberg di situs resmi Formula 1.

Dalam balapan di Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Minggu (9/11), Rosberg menjadi yang tercepat sekaligus mengungguli rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton, yang harus puas finis kedua.

Kemenangan Rosberg tersebut memangkas jaraknya dengan Hamilton di klasemen pebalap, di mana dia tertinggal 17 poin dari Hamilton yang memimpin klasemen dengan poin 317.

Secara matematis, Rosberg masih memiliki peluang untuk menyalip Hamilton dan jadi juara dunia. Tapi, ada sejumlah syarat yang harus terpenuhi agar dia bisa melakukannya. Dengan adanya aturan poin dobel di GP Abu Dhabi, Rosberg tak hanya harus memenangi seri tersebut. Pasalnya, kalau Hamilton finis kedua, yang jadi juara dunia tetap Hamilton.

Skenario juara paling sederhana untuk Rosberg adalah memenangi GP Abu Dhabi dan Hamilton maksimal finis ketiga. Artinya, harus ada pebalap lain yang finis di depan Hamilton.

“Percayalah, saya lebih memilih jadi yang dikejar daripada yang mengejar. Tapi, inilah faktanya dan Abu Dhabi akan sangat menegangkan — dan sangat seru untuk fans. Saya harus menang — paling tidak itulah rencananya!” kata pebalap berkebangsaan Jerman ini.

Melihat ketangguhan Hamilton dan mobil Mercedes pada musim ini, dalam kondisi normal tak banyak pebalap yang bisa mengalahkannya. Menurut Rosberg, yang punya peluang untuk melakukannya adalah pebalap-pebalap Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas.

“Saya harus memotivasi Felipe Massa agar dia bisa sangat rileks dan kemudian tampil luar biasa di Abu Dhabi. Jadi, dia bisa finis kedua dan saya memenangi balapan,” ujar Rosberg saat ditanya apa yang akan dia lakukan mulai sekarang sampai GP Abu Dhabi,” tandasnya.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments