Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Delapan Pebulutangkis ke Pelatnas NPC

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Delapan pebulutangkis diajukan untuk mengikuti pelatnas National Paralympic Committe (NPC) guna menghadapi ASEAN Para Games (APG) Malaysia 2017. Mereka merupakan para peraih medali, terutama emas dalam APG Myanmar 2015.

”Pengajuan tahap pertama ada delapan orang. Kemungkinan mereka akan dipanggil untuk menjalani pelatnas awal Mei mendatang,” kata pelatih bulu tangkis NPC Indonesia Nurachman, Kamis (21/4).

Di antara daftar yang diajukan tersebut terdapat tiga atlet yang masing-masing meraih tiga medali emas pada APG Myanmar. Mereka yakni Leani Ratri Oktila di kelas lower 4 (medali emas tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran), Ukun Rukaendi kelas lower 4 (tunggal putra, ganda putra dan beregu putra), serta Hari Susanto kelas lower 3 (tunggal putra, ganda putra dan beregu putra).

Atlet lainnya adalah Freddy Setiawan kelas lower 4 (emas ganda campuran dan beregu putra), Suryo Nugroho kelas lower 5 (emas tunggal putra dan beregu putra), Oddie Kurnia kelas lower 5 (emas beregu putra dan perak ganda putra), serta Arya Sadewa kelas upper 5 (perunggu ganda putra). Selain itu, atlet putri Khalimatus Sadiyah kelas lower 4 (emas ganda putri dan perak tunggal putri).

Menurut Nurachman, nama-nama yang diusulkan tersebut baru untuk tahap pertama dengan proyeksi medali emas pada APG Malaysia. Selanjutnya akan ada usulan tahap berikutnya dengan jumlah atlet lebih banyak. Namun dia belum bisa menyebut nama-nama pebulutangkisnya.

”Kemungkinan tambahan atlet untuk tahap kedua pelatnas sekitar 10 orang, putra dan putri. Perkiraan kami, mereka masuk setelah Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Bandung yang digelara 13-25 Oktober mendatang,” tutur Nur.

Humas NPC Heri ”Gogor” Isranto menjelaskan, pelatnas untuk menghadapi APG 2017 rencananya mulai digelar Mei nanti. Para atlet yang dipanggil terutama dari cabang-cabang yang selama ini menjadi unggulan tim Merah-Putih, seperti bulu tangkis, tenis meja, atletik, renang, angkat berat, catur dan panahan.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments