Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

David Jacobs Buru Tambahan Poin

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Petenis meja Indonesia David Jacobs bakal memburu tambahan poin sebelum bertarung di arena Paralympic Games Rio de Janeiro (Brasil) 2016. Atlet National Paralympic Committee (NPC) itu akan memanfaatkan ajang ITTF Para Table Tennis World Tour Indonesia Open yang rencananya diselenggarakan di Karanganyar, 19-24 Juli mendatang.

”Pengumpulan nilai terakhir saya di ITTF 1.788 poin, sedangkan peringkat ketiga dunia asal Tiongkok, Ge Yang punya 1.761 poin. Karena itu, saya ingin menambah poin lagi agar selisihnya lebih jauh dari dia,” kata David di sela-sela menjalani pelatnas di kompleks Stadion Manahan Solo, Rabu (13/4).

Peringkat satu dunia kelas TT10 versi ITTF (International Table Tennis Federation) saat ini dipegang paralympian asal Polandia, Patrick Chojnowski (1.929 poin). David berada di peringkat kedua, sementara Ge Yang di urutan ketiga. Para atlet yang menempati peringkat delapan besar dunia, plus masing-masing juara dari lima benua dipastikan bertarung dalam Paralympic Games di Rio de Janiero.

David menargetkan minimal meraih medali perunggu, seperti prestasinya pada Paralympic Games London 2012. Dia memprediksi persaingan perebutan medali pada pesta olahraga difabel dunia tersebut, bakal berlangsung ketat. ”Tetapi Patrick memang jadi pesaing terberat. Dia punya pukulan top spin dan backhand yang bagus. Tiga-empat kali saya bertemu dia, belum pernah menang,” tuturnya.

Pelatih pelatnas tenis meja NPC Rima Ferdianto menambahkan, David merupakan satu-satunya petenis meja Indonesia yang telah memastikan tiket Paralympic. Satu atlet lain, Agus Sutanto berada di posisi cadangan pertama kelas TT5 (kursi roda). Sedangkan Komet Akbar (TT10) dan Tatok Hardiyanto (TT5) sudah pasti kandas dalam perebutan tiket.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments