Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo

CBR250RR Bidik Segmen Premium

Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo

Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo

SOLO, suaramerdeka.com – Kompetisi motor sport di kelas 250 CC dipastikan semakin seru. Kehadiran Honda All New CBR250RR bakal meramaikan segmen tersebut. Sebelumnya kelas itu hanya milik Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja F1.

“Semua produk kompetitor di kelas 250 CC adalah build up, sementara CBR250RR ini adalah produk lokal, makanya kita menunggu momentum yang tepat untuk peluncuran,” kata Kepala Wilayah Astra Motor Jateng Yohanes Kurniawan.

Hal itu dikatakan ketika memberi penjelasan pada sejumlah wartawan dalam peluncuran produk tersebut di The Park Mall Solobaru, Sabtu-Minggu (3-4/12). Solo dipilih sebagai tempat peluncuran karena sumbangan penjualan motor sport Honda cukup tinggi. Dari total penjualan motor sport di Jawa Tengah, 38 persen dari Solo.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, pihak Honda optimistis mampu merebut pasar kendaraan sport 250 CC, kendati terbilang sebagai pemain baru. Di Jawa Tengah, kata kepala bagian pemasaran Astra Motor Jateng Sukamto Margono, target penjualan CBR250RR sebanyak 100 unit per bulan. Dan selama tiga bulan terakhir ini sudah ada indent atau pemesanan 229 unit, namun yang sudah diserahkan ke konsumen baru 41 unit. Harganya mulai Rp 63 juta hingga Rp 69 juta, tergantung jenis dan variannya.

Kendaraan tersebut hanya bisa dipesan di diler wing, yang di Jawa Tengah ada delapan diler, tiga diantaranya di Soloraya. “Baru lihat dan baca di koran atau internet saja pemesanan sudah 290 unit, apalagi para calon konsumen sudah bisa melihat sendiri produknya bahkan ikut test drive,” katanya.

Menurut riset, peminat kendaraan 250 CC adalah pria, usia 15 tahun hingga 32 tahun. Sebanyak 29 persen peminat adalah pelajar dan selebihnya adalah 60 pekerja swasta dengan penghasilan rata-rata Rp 6 juta per bulan. Motor sport biasanya kendaraan kedua atau ketiga yang dimiliki. Lagi pula kendaraan itu tidak hanya sebagai alat transpotasi tapi sudah menjadi gaya hidup.

“Kami sengaja membidik kelas premium. Dengan harga Rp 60 jutaan, saya kira tidak maspalah bagi mereka,” katanya.

Selain fitur standart dan ABS (antilock brake system), ada tiga pilihan warna yang dihadirkan generasi terakhir Honda CBR itu, yakni Racing Red, Anchor Grey Metallic, dan Mate Gunpowder Metallic. Motor sport itu juga menawarkan tiga fitur riding mode, yakni comfort, sport, dan sport plus yang bisa disesuaikan kebutuhan pengendara.

“Kendaraan CBR250RR ini bisa menjadi transisi dari motor 150 sebelum ke motor besar 450 CC atau 600 CC,” pungkasnya.

(Langgeng Widodo/CN39/SM Network)

Comments

comments