Foto: http://www.motortrivia.com

Buka Sirkuit Baru, Rencana Thailand Gelar F1 Kian Dekati Kenyataan

Foto: http://www.motortrivia.com

Foto: http://www.motortrivia.com

BANGKOK,  suaramerdeka. com – Seiring dibukanya sirkuit Grade I FIA yakni Sirkuit Internasional Chang di Buriram, Thailand, membuat rencana negara untuk menggelar Formula I kian mendekati kenyataan. Dilaporkan, pembukaan sirkuit yang berada di  400 km arah timur laut dari Bangkok tersebut diramaikan sekitar 130 ribu penonton pada akhir pekan lalu.

Sirkuit tersebut menggelar seri balapan Japanese Super GT yang berlangsung tiga hari. Pihak pengelola lalu mengatakan pekerjaan lanjutan bakal dilakukan agar sirkuit tersebut benar-benar siap untuk menghelat balapan otomotif level atas.

“Tim Thai sudah melakukan pekerjaan luar biasa dalam waktu yang amat singkat dan event pertama mereka merupakan sukses besar,” kata Mark Hughes dari Mrk1 Consulting, yang membantu pengembangan sirkuit, seperti dikutip Reuters.

Perlu diketahui, Thailand memang sudah mengemukakan minat untuk menjadi tuan rumah balapan F1 sejak tahun 2012 lalu. Belakangan bahkan ada wacana bahwa hal itu sudah akan terwujud pada tahun 2015.

Akan tetapi, adanya peraturan yang tidak memperbolehkan balapan berjalan di area historis Bangkok otomatis meniadakan kemungkinan melangsungkan balapan malam di jalan raya–seperti halnya di Singapura.

Kendala tersebut lantas pupus menyusul dibukanya Sirkuit Internasional Chang di Buriram pada akhir pekan. Kemunculan sirkuit rancangan Hermann Tilke itu membuat Thailand kini memiliki fasilitas untuk menggelar balapan. Bahkan, bukan tak mungkin pula sirkuit itu digunakan untuk MotoGP atau Superbike.

“Menjadi trek Grade 1 pertama di Thailand dan cuma yang ke-25 secara global, tak terhindarkan ada spekulasi terkait F1 dan Mr. (Bernie) Ecclestone sudah amat mengetahui soal sirkuit ini sebagaimana halnya juga DORNA (penyelenggara MotoGP dan World Superbikes),” lanjutnya.

Sejauh ini Sirkuit Internasional Chang sudah dijadwalkan untuk menggelar ajang balapan bergengsi macam Asian Road Racing Championship, Asian LeMans Series, dan Touring Car Asia.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments