Foto: suaramerdeka.com /dok

Branding Asian Games Mulai Juni

Foto: suaramerdeka.com /dok

Foto: suaramerdeka.com /dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Waktu pelaksanaan Asian Games (AG) 2018 menyisakan satu setengah tahun lagi. Namun hingga kini, sosialisasi secara massal belum bisa dilakukan. Panitia Pelaksana Asian Games (Inasgoc) mengakui kegiatan tersebut urung dijalankan karena menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres). “Kami menunggu Perpres supaya saat jalan tidak ada yang keliru,” kata Wakil Presiden Inasgoc, Muddai Madang.

Mengenai anggaran untuk promosi dan sosialisasi secara besar-besaran, sesungguhnya sudah ada Rp 500 miliar. Namun dana tersebut belum bisa dipakai lantaran masih menunggu Satuan Kerja dan Perpres. “Kami akui dari sisi promosi memang kurang. Menyangkut branding kota, feel dan atmosfernya belum terasa. Mudah-mudahan pada Juni atau Juli akan lebih terasa, lebih cantik lagi,” jelasnya.

Menurut pria yang juga menjabat Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ini, ada sejumlah perusahaan yang siap menjadi sponsor mulai dari promosi hingga perhelatan Asian Games. Perusahaan itu ada yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Mereka juga siap meneken kontrak dengan Inasgoc.

Sementara itu, Sekretaris Kemenpora Gatot Dewa Broto menyampaikan, branding Asian Games akan dilakukan mulai pertengahan tahun ini. Setiap instansi pemerintahan diminta memasang logo dan maskot AG 2018. Selain itu branding dilakukan di sejumlah alat transportasi seperti kereta api, MRT, LRT dan pesawat. “Untuk badan pesawat Garuda Indonesia nanti akan ditempeli stiker logo dan maskot Asian Games. OCA (Dewan Olimpiade Asia) menyambut baik rencana ini,” ungkap Gatot.

Di sisi lain untuk menggaungkan Asian Games, Inasgoc bakal melakukan hitung mundur (countdown) pada 18 Agustus 2017 atau setahun sebelum event tersebut digelar. “Setahun jelang Asian Games akan ada acara besar-besaran dan berharap sebelum itu sudah dikondisikan bagaimana sosialisasi atau marketing yang lebih bagus,” terangnya.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments