Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Borobudur Internasional 10 K Didukung Kementerian Pariwisata

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

SEMARANG, suaramerdeka.com – Ajang Borobudur Internasional 10 K dan Half Marathon 2015 mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata RI. Event yang berlangsung Minggu, 15 November itu dapat mempromosikan keindahan Candi Borobudur di dunia internasional.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada pertemuan di Balairung Sosilo Sudarman, Kementerian Pariwisata RI di Jakarta, belum lama ini. Arif menuturkan, event berkategori sport tourism itu sangat efektif memancing wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Kami dari Kementerian Pariwisata sangat terbantu dengan adanya Borobudur Internastional 10K dan Half Marathon 2015. Ini berkaitan dengan target dua juta wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke kawasan Joglosemar hingga akhir tahun ini,” imbuh Arief.

Dia menambahkan, pihaknya siap membantu penuh agar event tersebut berjalan sukses. Dalam hal ini, Kementerian Pariwisata akan menggarap sisi promosi. Arief meyakini, target 16 ribu peserta dapat terpenuhi, di mana sebagian peserta berasal dari mancanegara.

“Dari tahun ke tahun, kualitas event ini harus terus ditingkatkan. Untuk itu perlu penambahan hadiah, karena hadiah sangat menentukan kesuksesan event seperti ini. Tahun ini hadiahnya Rp 1,6 miliar, tahun depan tingkatkan menjadi Rp 3 miliar,” tegas Arief.

Saat ini, untuk pelari kategori elite international sudah diikuti peserta dari 12 negara. Bebera di antaranya, juara kategori elite Jakarta Marathon 2015 lalu, seperti Geoffrey Kipcrotich Brigen dari Kenya untuk putra dan Shankutie, juga dari Kenya untuk putri. Pelari top nasional, Triyaningsih dan Agus Prayogo juga telah mendaftar jadi peserta.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jateng, Budi Santoso menuturkan, antusiasme para peserta sangat bagus. Hingga saat ini, jumlah peserta Borobudur 10K 2015 mencapai 11.825 pelari. Sebanyak 2.223 mendaftar secara online, sisanya mendaftar langsung di tempat pendaftaran baik di Semarang maupun Magelang.

”Sementara untuk Half Marathon (21 km) yang baru digelar tahun ini, 500 pelari sudah mendaftar. Target kami 600 peserta ambil bagian,” imbuh Budi Santoso.

(Hendra Setiawan, Krisnaji Satriawan / CN26)

Comments

comments