Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Borobudur Internasional 10 K Berhadiah Rp 1,6 Miliar

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

SEMARANG, suaramerdeka.com – Lomba lari Borobudur Internasional 10 K dan Half Marathon sudah semakin dekat. Panitia menyediakan hadiah dengan total Rp 1,6 Miliar untuk lomba yang berlangsung di Komplek Candi Borobudur pada Minggu, 15 November.

Hadiah diberikan kepada lima besar di tiap kategori dengan jumlah berbeda. Untuk lari 10 K, juara kategori elite internasional putra-putri, berhak mendapatkan Rp 75 juta, sedangkan juara kategori elite nasional putra-putri berhak atas Rp 30 juta. Adapun hadiah Rp 10 juta, diberikan kepada juara pada umum putra-putri, TNI/Polri dan pelajar putra/putri.

Untuk lari Half Marathon, panitia memberikan hadiah sebesar Rp 90 juta untuk juara elite internasional putra-putri. Kemudian hadiah Rp 40 juta pada kategori elite nasional putra-putri. Adapun juara pada kategori umum putra-putri mendapatkan Rp 15 juta.

”Panitia juga menyiapkan 4400 medali untuk pelari yang finis di kategori 10 K. Sedangkan untuk half marathon disiapkan 600 medali. Kami menargetkan sebanyak 16.000 pelari untuk dua kategori itu. Pada 2014 lalu, jumlah pelari tercatat sebanyak 15.648 yang berasal dari 15 negara,” tutur Kabid Keolahragaan Dinpora Jateng, Effendi Hari Marsudi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemprov Jateng bersama Dinpora Jateng dan mendapatkan dukungan dari PASI Jateng tersebut membutuhkan anggaran sekitar, Rp 5,9 miliar. Adapun dana yang tersedia saat ini, sebesar Rp 3,9 miliar. Kekurangan pembiayaan akan dicarikan dari sponsorship. Adapun sponsor utama berasal dari Bank Jateng.

Sejumlah pelari dari berbagai negara akan berpartisipasi, seperti Kenya, Malaysia, Singapura, Jepang dan Tiongkok. Tahun lalu, pelari asal Kenya, tampil dominan. Untuk kategori elite internasional putra dimenangi Kenedy Lilan (Kenya) dengan catatan waktu 29 menit 35 detik. Untuk putri dimenangi Peninahkihen (Kenya) dengan catatan waktu 36 menit 12 detik.

(Hendra Setiawan / CN26)

Comments

comments